Respons Ketua MPR soal Pemilu 2024 Perlu Diperhitungkan Kembali, Pimpinan DPR: Proses dan Tahapan Sudah Disepakati

JAKARTA - Pimpinan DPR RI merespons pernyataan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang menilai Pemilu Serentak 2024 perlu diperhitungkan kembali karena pemerintah tengah melakukan pemulihan pasca pandemi COVID-19. 

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilu telah menyepakati proses dan tahapan Pemilu Serentak 2024. Dia memastikan, proses tersebut akan terus berjalan hingga waktu pemilihan tiba. 

"Pada saat ini DPR RI dan KPU serta pemerintah masih tetap jalan dalam proses tahapan yang sudah disepakati," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 9 Desember. 

Dasco menegaskan, pernyataan Bamsoet tidak akan mengubah apa yang sudah disepakati oleh DPR, Pemerintah dan KPU-Bawaslu. 

"Apa yang disampaikan Pak Bamsoet tentunya tidak serta merta mengubah atau otomatis tahapan yang sudah ada," tegasnya.  

Meski begitu, Ketua Harian DPP Gerindra itu menilai, pernyataan Bamsoet sah-sah saja. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari dinamika situasi saat ini. 

"Saya pikir apa yang disampaikan itu namanya juga mengemukakan pendapat (hak) setiap orang dan dijamin oleh Undang-Undang. Ya itu, silakan saja, tetapi kan proses dan tahapan yang berjalan, tetap masih berjalan kan gitu," kata Dasco.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pelaksanaan Pemilu serentak di 2024 harus benar-benar diperhitungkan. Sebab menurutnya, momentum pesta demokrasi 2024 kurang tepat karena pemerintah tengah melakukan pemulihan kembali pasca pandemi COVID-19. 

Terlebih, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf terbukti mampu menangani dan tanggap cepat dalam menghadapi berbagai tantangan. Ditambah lagi, kata Bamsoet, dalam menangani bencana alam yang akhir-akhir ini menimpa Indonesia.

“Ini jelas harus dihitung betul apakah momentumnya tepat dalam era kita tengah berupaya recovery bersama terhadap situasi ini dan antisipasi, adaptasi dan ancaman global seperti ekonomi, bencana alam dan sebagainya,” kata Bamsoet dalam acara rilis hasil survei Poltracking, Kamis, 8 Desember. 

Selain itu, kata dia, Jokowi juga sukses menghadapi COVID-19 selesaikan dengan baik dan diakui oleh dunia. 

"G20 terlaksana dengan baik berbagai kebijakan ekonomi dan kebijakan lain juga baik, sehingga kita masih mampu bertahan dipertumbuhan ekonomi 5 persen," kata Bamsoet