Arti Repeat Order, Manfaat, dan Tips Meraihnya Agar Pelanggan Terus Bertambah

YOGYAKARTA – Arti repeat order secara mudah bisa dipahami sebagai pemesanan berulang dari satu pelanggan yang sama. Dalam kacamata bisnis, aktivitas repeat order cukup menguntungkan. Tidak hanya memberikan keuntungan secara langsung, namun juga sebagai salah satu tolak ukur kualitas produk dan layanan bisnis yang baik.

Setiap pebisnis juga memiliki strategi khusus agar pembeli yang baru pertama kali melakukan pembelian bisa kembali melakukan transaksi di lain waktu. Untuk memahami apa itu repeat order simak ulasan berikut ini.

Arti Repeat Order

Repeat order adalah aktivitas pembelian ulang oleh satu konsumen pada satu penyedia barang atau jasa yang didasarkan pada kepuasannya atas barang yang dibeli atau layanan yang diberikan oleh penyedia.

Sebagai contoh repeat order, Anda membeli ikan laut di Rajaikan Store untuk yang pertama kali. Karena layanan yang diberikan oleh penjual sangat baik, Anda memutuskan untuk kembali melakukan pembelian di lain waktu.

Alasan Dilakukannya Repeat Order

Aktivitas repeat order terjadi bukan tanpa alasan. Ada banyak hal yang melatarbelakangi pembelian ulang yang dilakukan oleh konsumen dalam suatu bisnis yakni sebagai berikut.

  1. Permintaan tinggi, namun jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen terbatas
  2. Konsumen menyukai layanan yang diberikan penyedia barang atau jasa
  3. Harga yang ditawarkan penyedia barang atau jasa menguntungkan konsumen
  4. Kualitas barang atau jasa yang ditawarkan penyedia disukai oleh konsumen
  5. Penyedia barang atau jasa lebih mudah dijangkau oleh konsumen

Manfaat Repeat Order

Seperti telah disinggung sebelumnya, aktivitas pembelian ulang ini tidak hanya menguntungkan konsumen namun juga menguntungkan produsen atau penyedia barang maupun jasa.

Repeat order juga berkaitan dengan keuntungan, sehingga para pemilik bisnis akan melakukan berbagai strategi agar konsumen atau pembeli baik yang telah melakukan pembelian maupun yang belum, bisa melakukan repeat order suatu saat nanti. Dari sudut pandang bisnis repeat order memang sangat menguntungkan. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan keuntungan

Pembelian ulang secara langsung memberikan keuntungan finansial bagi pebisnis. Keuntungan ini akan membantu bisnis bertahan lebih lama, membantu pengembalian modal, hingga menutup biaya operasional.

  1. Perputaran Modal Lebih Cepat

Pelanggan yang melakukan repeat order secara tidak langsung membantu pengusaha untuk memutar modal lebih cepat dan mendatangkan keuntungan lebih cepat pula. Dengan begitu modal tidak terlalu lama mengendap.

  1. Memperluas Jangkauan Pasar

Pembeli yang melakukan repeat order biasanya akan ikut mempromosikan produk bisnis Anda sehingga membantu meraih pasar yang lebih luas.

  1. Memperpanjang Usia Bisnis

Pelanggan yang melakukan repeat order akan membantu memperpanjang usia bisnis sehingga ancaman kebangkrutan bisa lebih sedikit.

  1. Sebagai Parameter Layanan dan Produk

Pembeli yang melakukan repeat order tentu memiliki alasan mengapa ia mau melakukan pembelian ulang di tempat yang sama. Hal itu bisa jadi parameter layanan maupun produk sehingga bisa jadi patokan untuk memperbaiki bisnis.

Tips Meraih Repeat Order dari Customer

Bagi Anda yang ingin mendapatkan repeat order dari pelanggan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meraih tujuan tersebut.

  1. Berikan Layanan dan Produk Sebaik Mungkin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan layanan terhadap konsumen serta memberikan produk sebaik mungkin untuk konsumen, baik yang sudah melakukan order maupun calon potensial.

  1. Berikan Promosi yang Menarik

Promosi bisa jadi alasan kuat pelanggan melakukan pembelian ulang. Jenis promosi yang bisa diberikan seperti diskon, bonus pembelian, dan sebagainya.

  1. Berikan Tawaran yang Menguntungkan

Tawaran yang menguntungkan bisa berbentuk banyak hal seperti gratis ongkos kirim se-pulau Jawa, memberikan harga menarik untuk dua barang yang berbeda, dan masih banyak lagi.

Itulah arti repeat order. Kunjungi VOI.ID untuk mendapat informasi menarik lainnya.