Di Tanah Papua, Sri Mulyani Pastikan APBN Terus Dukung Pemerataan Pembangunan

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan apresiasi atas sinergi dan kerjasama yang semakin solid antar unit di Kementerian Keuangan yang bekerja di seluruh Indonesia.

Menurut dia, semangat optimisme perlu dijaga agar bisa dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman mengenai keuangan negara.

“Saya berharap kita semua menunjukkan kepedulian dan terus mendukung pemerataan pembangunan Indonesia melalui pemanfaatan APBN yang dikelola secara optimal. Jadi kalau semakin kita bekerja bersama dan bersinergi, saya yakin dampak dan akselerasinya akan makin tinggi,” ujar dia dalam pernyataan pers, Senin, 5 Desember ketika melakukan kunjungan kerja terbatas ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Menkeu menambahkan, pihaknya untuk selalu melakukan evaluasi mulai dari kinerja organisasi, tata kelola, leadership, hingga pada kualitas sumber daya manusianya untuk terus dapat memberikan yang terbaik kepada stakeholder dan masyarakat dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi.

“Terutama berdasarkan statistik saat ini mayoritas pegawai dari Kementerian Keuangan merupakan generasi milenial hingga generasi Y-Z yang diharapkan dapat menjadi generasi yang lebih baik,” tutur dia.

Bendahara negara menyampaikan pula jika seluruh pimpinan dan jajaran agar memiliki semangat, leadership, dan kepedulian terhadap organisasi untuk terus memperbaiki fiskal dan keuangan negara, serta siap menghadapi berbagai tantangan yang luar biasa ke depan.

Sebagai informasi, pendapatan negara di wilayah Papua mengalami kenaikan sebesar Rp2,82 triliun atau tumbuh 34,3 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Di sisi lain, transfer daerah juga mengalami peningkatan sebesar Rp1,92 triliun atau tumbuh 5,6 persen. Menkeu menyebut, ini merupakan pencapaian menggembirakan di tengah situasi perekonomian yang masih belum kembali normal.

“Terima kasih atas kerja keras seluruh jajaran Kementerian Keuangan di daerah, khususnya di wilayah Papua dan Maluku. Saya titip amanah sebagai Badan Pengarah Papua ini harus terus dijaga, yaitu membawa wilayah Timur Indonesia untuk terus maju,” tutup Menkeu Sri Mulyani.