Orang Rela Mengantre Kroket Daging Sapi Toko Ini hingga 30 Tahun, Menginspirasi Pasien Kanker untuk Sembuh

JAKARTA - Jika Anda memesan sekotak kroket daging sapi Kobe beku dari Asahiya, toko daging yang dikelola keluarga di Kota Takasago di Prefektur Hyogo, Jepang barat, perlu waktu hingga 30 tahun sebelum Anda menerima pesanan. Ya, tiga puluh tahun.

Didirikan pada tahun 1926, Asahiya menjual produk daging dari Prefektur Hyogo, termasuk daging sapi Kobe, selama beberapa dekade sebelum menambahkan kroket daging sapi ke rak pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II.

Namun, baru pada awal tahun 2000-an pangsit kentang dan daging sapi goreng ini menjadi sensasi di internet, mengakibatkan pembeli harus menunggu sangat lama.

'Kroket Ekstrim' yang sangat didambakan adalah salah satu dari empat jenis kroket daging sapi Kobe yang tersedia di Asahiya. Tidak sabar menunggu tiga dekade? Toko Kroket Daging Sapi Premier Kobe saat ini memiliki daftar tunggu empat tahun yang lebih enak.

"Kami mulai menjual produk kami melalui belanja online pada tahun 1999," jelas Shigeru Nitta, pemilik Asahiya generasi ketiga, melansir CNN Travel 14 November.

"Saat itu, kami menawarkan Extreme Croquettes sebagai uji coba," ujarnya.

Tumbuh di Hyogo, Nitta telah mengunjungi peternakan lokal dan pelelangan daging sapi bersama ayahnya sejak ia masih muda.

Extreme Croquettes Asahiya. Sumber: Asahiya

Dia mengambil alih toko dari ayahnya pada tahun 1994 ketika dia berusia 30 tahun.

Setelah bereksperimen dengan e-commerce selama beberapa tahun, dia menyadari pelanggan ragu-ragu untuk membayar sejumlah besar daging sapi online.

Saat itulah dia membuat keputusan yang berani.

"Kami menjual Extreme Croquette dengan harga 270 yen Jepang (1,8 dolar AS) per buah. Daging sapi di dalamnya saja harganya sekitar 400 yen Jepang (2,7 dolar AS) per buah," kata Nitta.

"Kami membuat kroket yang terjangkau dan enak yang menunjukkan konsep toko kami, sebagai strategi agar pelanggan menikmati kroket dan kemudian berharap mereka akan membeli daging sapi Kobe kami setelah percobaan pertama," terangnya.

Untuk membatasi kerugian finansial di awal, Asahiya hanya memproduksi 200 kroket di dapurnya sendiri di sebelah tokonya setiap minggu.

"Kami menjual daging sapi yang dipelihara oleh orang-orang yang kami kenal. Toko kami hanya menjual daging yang diproduksi di Prefektur Hyogo, apakah itu daging sapi Kobe, babi Kobe, atau ayam Tajima. Ini sudah menjadi gaya toko ini sejak sebelum saya menjadi pemiliknya," ucap Nita.

Label harga yang murah dari Extreme Croquettes bertentangan dengan kualitas bahannya. Mereka dibuat segar setiap hari tanpa bahan pengawet. Bahan-bahannya termasuk daging sapi Kobe peringkat A5 betina berusia tiga tahun, serta kentang yang bersumber dari peternakan lokal.

Nitta mengatakan, dia telah mendorong peternakan untuk menggunakan kotoran sapi untuk menanam kentang. Batang kentang kemudian akan diumpankan ke sapi, menciptakan siklus.

Akhirnya, konsep uniknya menarik perhatian warga dan media. Saat laporan tentang kroket Asahiya keluar di awal tahun 2000-an, popularitas mereka melejit.

"Kami berhenti menjualnya pada tahun 2016 karena waktu tunggu menjadi lebih dari 14 tahun. Kami berpikir untuk menghentikan pesanan, tetapi kami mendapat banyak telepon yang meminta untuk tetap menawarkannya," kata Nitta.

Asahiya kembali menerima pesanan kroket ini pada tahun 2017, tetapi menaikkan harganya.

"Saat itu, kami menaikkan harga menjadi 500 yen Jepang (3,4 dolar AS) - 540 yen Jepang (3,7 dolar AS) dengan pajak konsumsi. Tapi sejak ekspor daging sapi Kobe dimulai, harga daging sapi naik dua kali lipat, sehingga fakta produksi kroket membuat defisit tidak berubah," papar Nitta.

Produksi juga ditingkatkan dari 200 kroket per minggu menjadi 200 kroket per hari.

"Kenyataannya, Extreme Croquette jauh lebih populer daripada produk lain," Nitta terkekeh, menertawakan ide bisnisnya sendiri yang merugi.

"Kami mendengar bahwa kami harus mempekerjakan lebih banyak orang dan membuat kroket lebih cepat, tetapi saya pikir tidak ada pemilik toko yang mempekerjakan karyawan dan memproduksi lebih banyak untuk menghasilkan lebih banyak defisit. Saya merasa kasihan membuat mereka menunggu. Saya ingin membuat kroket cepat dan kirimkan sesegera mungkin, tetapi jika saya melakukannya, toko akan bangkrut," paparnya.

Untungnya, Nitta mengatakan bahwa sekitar setengah dari orang yang mencoba kroket akhirnya memesan daging sapi Kobe, jadi ini adalah strategi pemasaran yang baik.

Setiap kotak Extreme Croquettes, yang terdiri dari lima buah, dijual seharga 2.700 yen Jepang (18,40 dolar AS).

Toko mengirimkan buletin reguler kepada pelanggan yang menunggu untuk memperbarui perkiraan pengiriman terbaru.

Daging sapi Kobe. (Wikimedia Commons/Orlando G. Calvo)

Seminggu sebelum tanggal pengiriman, toko akan mengonfirmasi pengiriman dengan pelanggan yang sabar sekali lagi.

"Tentu saja, beberapa orang telah mengubah alamat email mereka. Untuk orang-orang itu, kami menelepon mereka secara langsung dan memberi tahu mereka tanggal pengiriman. Mereka dapat mengubah alamat mereka sendiri melalui situs web kami atau ketika kami menelepon mereka, mereka dapat memberi tahu kami," ungkap Nitta.

Pelanggan yang menerima kroket hari ini memesan sekitar 10 tahun yang lalu.

Memiliki daftar pesanan yang tidak menguntungkan selama 30 tahun untuk dipenuhi bisa membuat stres, terutama karena harga daging sapi Kobe dan tenaga kerja terus meningkat.

Namun sesuatu yang lebih penting telah mendorong Nitta untuk terus maju.

"Ketika saya mulai menjual kroket di internet, saya mendapat banyak pesanan dari pulau-pulau terpencil yang terpencil. Kebanyakan dari mereka pernah mendengar tentang daging sapi Kobe di TV tetapi tidak pernah memilikinya karena mereka harus pergi ke kota jika ingin mencobanya. Saya menyadari bahwa ada begitu banyak orang yang belum pernah makan daging sapi Kobe," tuturnya.

"Oleh karena itu, saya terus menawarkan kroket sebagai percobaan dan mendapatkan lebih banyak pesanan untuk daging sapi Kobe jika mereka menyukainya. Itulah mengapa saya memulainya, jadi saya tidak terlalu peduli apakah itu defisit," tukas Nitta.

Salah satu momen yang paling berkesan adalah, saat mereka mendapat order dari seorang pasien kanker yang akan menjalani operasi sambil menunggu Extreme Croquettes mereka.

"Saya dengar kroket kami adalah motivasi pasien untuk menjalani operasi. Itu yang paling mengejutkan saya," haru Nitta.

Pasien selamat dan melakukan banyak pesanan sejak saat itu.

Nitta menerima telepon dari pasien yang mengatakan kepadanya "Saya berharap untuk hidup lama tanpa kambuhnya kanker" setelah mencicipi kroketnya.

"Saya masih ingat itu. Saya terharu dengan komentar itu," certa Nitta.

Untuk masa depan, pemilik berusia 58 tahun itu mengataka,n mereka sedang berpikir untuk melakukan ekspansi.

"Saya ingin membuat tempat kecil di mana orang bisa makan sedikit, mungkin. Toko kami di Kobe adalah tempat wisata," jelasnya.

"Tapi kalau jadi restoran, restoran tetangga kita bisa terganggu karena kita juga menyediakan daging untuk mereka," pungkas Nitta.