Sandiaga Uno: Delegasi KTT G20 Dapat Oleh-oleh Kerajinan Tangan Hingga Kopi

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan para delegasi KTT G20 akan mendapatkan oleh-oleh berupa kerajinan tangan hingga kopi yang hasil produksi UMKM dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Sandiaga Uno mengatakan souvenir-souvenir tersebut juga dipamerkan di ruang pertemuan utama KTT G20 di The Apurva Kempinski, Bali

"Produk UMKM yang sudah terkurasi mulai dari Sumatra ke Papua dan juga produk kerajinan tangan dan terakhir ada kopi dari beberapa wilayah Indonesia juga disiapkan," ujar Sandiaga Uno, Rabu 16 November.

Sandiaga Uno menjelaskan, para delegasi ternyata disiapkan batik dan baju adat untuk dikenakan saat makan malam. Para kepala negara bebas menentukan pakaian yang akan dikenakan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tegas menyatakan bahwa forum Group of 20 atau G20 adalah wadah kerja sama antarnegara yang didasarkan pada upaya membangun perekonomian secara kolektif.

Menurut Presiden, dasar tersebut yang kemudian mendorong banyak negara dapat meningkatkan kerja sama ekonomi tanpa terbentur ideologi maupun hal lain yang bersifat politik.

Jokowi juga bilang, proses kesepakatan Deklarasi G20 berjalan cukup panjang lantaran terdapat perbedaan pandangan diantara anggota, khususnya terhadap poin penting yang menyangkut kepentingan negara masing-masing.

“Deklarasi terdiri atas 52 paragraf, dan paragraf yang sangat diperdebatkan adalah penyikapan terhadap perang di Ukraina,” ujarnya ketika menggelar konferensi pers.

Meski demikian, para pemimpin akhirnya tetap menyatukan pendapat dengan berdasarkan pada keinginan untuk sesegera mungkin mengakhiri perang.