OJK Makin Tanggap Keluhan Konsumen, Peluncuran Aplikasi iDebKu Jadi Bukti

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) disebutkan baru saja meluncurkan aplikasi iDebKu dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada konsumen sektor jasa keuangan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae mengatakan fasilitas terbaru ini dapat meningkatkan kemudahan akses terhadap informasi debitur karena dilakukan secara terpadu dan terintegrasi antara pusat dan daerah.

“Ini menjadikan sistem keuangan di Indonesia lebih terintegrasi, luas dan memberi lebih banyak manfaat agar masyarakat lebih percaya kepada industri keuangan Indonesia, serta bagian dari perlindungan konsumen,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Selasa, 8 November.

Dian menjelaskan, aplikasi iDebKu yang merupakan aplikasi layanan pemberian informasi debitur kepada masyarakat yang dapat diakses secara daring dan luring melalui layanan walk-in.

“Layanan pemberian informasi debitur oleh OJK kepada masyarakat termasuk melalui aplikasi iDebKu ini gratis atau tidak dipungut biaya,” tuturnya.

Dian menyebutkan, aplikasi iDebKu dikembangkan sejalan dengan AP SLIK 2021-2025 yaitu untuk Peningkatan Kualitas SLIK kepada Masyarakat dengan beberapa keunggulan.

Pertama, ,meningkatkan kualitas layanan pemberian informasi debitur kepada masyarakat secara cepat, mudah dan aman.

Dua, meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pemberian layanan informasi debitur bagi internal OJK dengan adanya integrasi dengan SLIK dan ke depan akan terintegrasi dengan Dukcapil

Ketiga, meminimalkan potensi human error melalui otomasi proses layanan. Serta yang terakhir adalah menyediakan layanan informasi debitur kepada masyarakat secara terintegrasi antara Kantor Pusat, Kantor Regional dan Kantor OJK dalam satu aplikasi.

“Ke depan, dengan adanya aplikasi iDebKu ini diharapkan akses masyarakat terhadap informasi debitur akan menjadi semakin mudah dan layanan informasi debitur oleh OJK dapat dilakukan secara terpadu dan terintegrasi,” katanya.

“Di samping itu, OJK akan terus meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan pemberian informasi debitur kepada masyarakat agar dapat semakin cepat, mudah dan aman,” tutup dia.