Denda SEC untuk Kim Kardashian Ditanggapi Beragam Komunitas Kripto, Ada yang Geli Tapi Banyak Juga yang Heran

JAKARTA -Komunitas crypto bereaksi dengan berbagai perasaan antara tidak percaya dan geli setelah bintang reality show Kim Kardashian didenda karena mempromosikan cryptocurrency EthereumMax (EMAX).

Sebelumnya Komisi Sekuritas dan Pertukaran Amerika Serikat (SEC) mendenda Kardashian  1,26 juta dolar AS pada 3 Oktober, karena "mempromosikan di media sosial" tentang EMAX tanpa mengungkapkan bahwa dia sebenarnya dibayar  250.000 dolar AS untuk memposting tentang hal itu.

Kardashian awalnya tidak mengakui atau menyangkal tuduhan SEC, tetapi akhirnya menyelesaikan tuduhan serta denda yang dijatuhkan padanya. Ia bahkan  setuju untuk tidak mempromosikan aset cryptocurrency apa pun hingga tahun 2025.

Ketua SEC Gary Gensler membuat cuitan di twitter bahwa denda ini adalah  pengingat bahwa dukungan selebritas membuat  peluang investasi meningkat namun  tidak berarti produk investasi tersebut tepat untuk semua investor.

Mengikuti tweet Gensler, komunitas crypto online mengungkapkan pemikiran mereka tentang denda tersebut, dengan beberapa menyebut SEC atas keputusan penegakannya yang dianggap tidak konsisten.

Ekonom Peter Schiff, yang dikenal dengan sikapnya yang anti-Bitcoin (BTC), menunjukkan apa yang dia anggap sebagai penargetan yang tidak adil terhadap Kardashian karena SEC belum mendenda salah satu pendiri MicroStrategy, Michael Saylor. Pasalnya Saylor diyakini memiliki “lebih banyak keuntungan karena mendapatkan pemompaan crypto. ”

Sebaliknya, Saylor menjawab dengan mengatakan Bitcoin bukanlah keamanan tetapi komoditas. Ia juga menyatakan bahwa promosinya akan "mirip dengan usaha mempromosikan baja , atau granit" dan protokol terbuka koin menawarkan "keyakinan utilitarian yang mirip dengan jalan."

Crypto-personality dan penulis, Layah Heilpern, menyatakan  bahwa dia percaya "SEC memiliki masalah yang lebih besar di dekat rumah yang mungkin harus difokuskan pada  kemungkinan menyimpulkan kepercayaan yang dipegang secara luas di komunitas bahwa politisi AS tertentu telah diperdagangkan di dalamnya.

Pengembang pseudonim atau dengan nama samaran, 0xBender, mencatat sesuatu yang kontras antara perlakuan berat SEC terhadap promosi crypto dari selebritas, sementara influencer crypto-centric “telah  memberi Anda sampah untuk 0,2 ETH (Ethereum) tweet.”

Yang lain seperti mantan jaksa federal Renato Mariotti mengatakan influencer yang berpikir untuk mendukung cryptocurrency harus “mencatat” karena regulator menunjukkan akan “secara agresif mengejar tindakan penegakan hukum” dan mereka yang mempromosikan crypto tanpa mempertimbangkan undang-undang harus segera mencari pengacara yang baik. ”

Sementara itu, pendidik dan investor Ethereum, Anthony Sassano, mengatakan kepada pengikutnya bahwa dia yakin SEC menargetkan Kardashian karena itu menciptakan ilusi bahwa regulator "melakukan sesuatu" tentang penipuan crypto, dan menyarankan itu seharusnya menargetkan pencipta EMAX sebagai gantinya.

Namun, beberapa melihat sisi yang lebih ringan dari sekadar berinvestasi dalam token crypto yang penuh gejolak dan sangat spekulatif, saat jurnalis Tyler Conway mengatakan bahwa bintang tersebut “mendapatkan pengalaman crypto penuh” dengan kehilangan lebih banyak uang daripada yang telah dia bayarkan.

Peretas yang menggambarkan dirinya sendiri dan pencipta konten teknologi Marcus Hutchins mengatakan Kardashian “akan mendapatkan pengembalian yang lebih baik” di EthereumMax karena turun 97% sejak postingnya, dibandingkan dengan -80% yang dikembalikan promosi untuknya.