IHSG Rabu Berpotensi Melemah Imbas Penurunan Nilai Tukar Rupiah

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan hari ini, Rabu 28 September, setelah kemarin ditutup pada posisi 7.112,44 atau turun 0,21 persen.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG ditutup melemah seiring pelemahan bursa saham secara global dan penurunan harga komoditas, serta penurunan nilai tukar rupiah yang menembus Rp15.100 per dolar AS.

"Pergerakan masih minim sentimen pendorong terutama dari dalam negeri," jelas Dennies dalam risetnya.

Dennies memprediksi IHSG akan melemah pada perdagangan hari ini secara teknikal, candlestick membentuk lower high dan lower low menguji support MA 50, stochastic bergerak di sekitar area oversold mendingikasikan rentang pelemahan mulai terbatas.

Pergerakan akan dipengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah yang mencapai level Rp 15.100 per dolar AS. Investor akan mencermati rilis data kepercayaan konsumen AS serta pidato dari gubernur The Fed.

Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 7.048 dan 7.080 serta resistance 7.138 dan 7.164. Adapun beberapa saham yang menjadi rekomendasi Dennies untuk perdagangan hari ini adalah PT Wismilak Internasional Makmur Tbk (WIIM), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS), dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).