Hebat! Indonesia Pukul Curacao 2-1

JAKARTA — Timnas Indonesia sukses membukukan kemenangan tipis 2-1 atas Curacao di laga kedua FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa, 27 September malam WIB.

Indonesia langsung mencetak gol cepat ketika laga baru berjalan tiga menit. Dimas Drajad membawa skuad asuhan Shin Tae Yong memimpin setelah memanfaatkan bola muntah di kotak penalti lawan.

Bola muntah itu bermula dari sepakan Witan Sulaeman dari luar kotak penalti yang tidak diantisipasi dengan baik kiper Curacao Tyrick Bodak. Dimas yang berdiri tanpa kawalan pun leluasa memasukkan bola ke jaring.

Indonesia berusaha menambah keunggulan setelah itu. Meski demikian, papan skor tidak berubah lagi sampai peluit panjang dari wasit menandai jeda babak pertama.

Hanya satu menit setelah turun minum, Curacao menjaring gol penyama kedudukan. Jeremy Cornelis membobol gawang Syahrul Trisna setelah memaksimalkan umpan terobosan Juninho Bacuna.

Di menit ke-57, Indonesia kembali memberikan ancaman ke gawang lawan melalui tembakan keras Saddil Ramdani. Beruntung bagi Curacao usaha itu masih bisa ditepis oleh penjaga gawang mereka.

Shin Tae Yong kemudian memutuskan menarik keluar Egy Maulana serta Dimas Drajad di menit ke-65 dan memasukkan Dendy Sulistyawan serta Muhammad Rafli. Namun, gol tambahan tidak juga kunjung tercipta.

Pelatih Korea itu melanjutkan pergantian pemain di menit ke-72 dengan menarik Saddil Ramdani dan Arhan Pratama keluar lalu menambahkan Ramadhan Sanata serta Muhammad Ferarri.

Tambahan amunisi baru pun sukses membantu Indonesia mencetak gol kedua tiga menit sebelum waktu normal selesai. Kali ini giliran Dendy yang mencatat namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan Witan.

Kedudukan 2-1 untuk Indonesia pun bertahan sampai peluit panjang yang membubarkan laga. Ini menjadi kemenangan kedua beruntun skuad Garuda atas tim yang sama.

Sebelumnya, Indonesia dan Curacao bersua di laga pertama jeda internasional pada 24 September lalu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Merah Putih menang tipis 3-2 pada saat itu.

Tiga gol bagi Indonesia masing-masing dicetak oleh Marc Klok, Fachrudin Aryanto, dan Dimas Drajat. Sementara itu, dua gol balasan dari tim lawan dijaring oleh Rangelo Janga dan Juninho Bacuna.