10 Game Offline Terbaik untuk Menemani Waktu Senggang

JAKARTA - Lagi asyik main game, ternyata muncul terus notifikasi dari aplikasi lain, namun ketika mengaktifkan mode offline malah gamenya enggan beroperasi.

Memang memainkan game online lebih menyenangkan ketimbang offline, karena bisa mendapatkan lawan dari dunia nyata, sedangkan di game offline para pemain hanya bisa bermain dari sistem perangkat itu sendiri.

Tenang, saat ini para developer games sudah banyak yang membuat game dengan model offline, dan tidak lagi memerlukan jaringan internet untuk pengoperasiannya.

Berikut beberapa game offline yang dapat dimainkan di smartphone Anda, dikutip dari berbagai sumber, Jumat 24 Januari.

Cuplikan game Shadow Fight (Apkpure.com)

1. Shadow Fight 2

Game yang mengusung tema bertarung ala klasik laiknya Kung-fu ini juga sangat mudah dimainkan, pemain hanya perlu menggunakan karakter bayangan yang sudah dipilih, kemudian mengalahkan lawan ninja dari perangkat yang sudah ada. Semakin tinggi level, maka semakin sulit juga lawan yang harus dihadapi.

Shadow Flight besutan NEKKI ini juga sukses mendapatkan total download lebih dari 100 juta kali dengan perolehan skor 4,6 di Google Play. Yakin gak mau coba?

2. Arcade: Jungle Marble Blast

Kalau dilihat, game ini memang mirip dengan Zuma Klasik, hanya tinggal mengetuk layar untuk menembak merble dan bertukar di antara bola berwarna, lalu tembak bola di rantai yang mengelilingi peta untuk membuat tiga atau lebih dengan warna yang sama.

Tampilan game Arcade: Jungle Marble Blast (Apkpure.com)

3. Plague Inc

Game yang dikembangkan oleh Ndemic Creation LTD ini memang game yang sangat simple, pemain hanya memusnahkan populasi manusia di Bumi lewat Plague yakni bakteri, virus dan senjata bilogi lainnya.

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai pembuat bakteri. Namun, sebagai pembuat bakteri, pemain harus bisa memodifikasi bakteri tersebut menjadi yang paling mematikan agar dapat memusnahkan seluruh manusia yang ada di Bumi.

4. Big Little Farmer

Game Big little Farmer (Trycheat.com)

Permainan ini cocok untuk kaum perempuan tapi tidak dipungkiri juga jika para lelaki gemar bercocok tanam. Ya, pemain harus membangun bisnis pertanian dengan produk roti dan susu.

Setelah itu, para pemain harus memasarkan produknya melalui truk pengiriman agar mereka juga mendapatkan uang.

5. Subway Surfers

Di dalam game ini, pemain harus terus berlari dari kejaran polisi, tak sedikit rintangan yang harus dihindari seperti terowongan, tiang stasiun, penghalang kertas dan lainnya.

Namun, jika pemain menabrak rintangan tersebut, tentu saja game akan berakhir. Tak luput, dalam game ini pemain juga harus mengumpulkan koin untuk membuka beberapa equipment yang tersedia juga menambah skor permainan.

Game Subway Surfers juga merupakan game offline yang paling banyak di download, karena mirip dengan game Temple Run.

6. Pocket City

Tampilan game Pocket City (Gamebrott.com)

Ingat SimCity? Ya, game Pocket City ini sangat mirip dengan game besutan Maxis tersebut.

Pemain harus membuat jalan, gedung-gedung dan hal lainnya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah kota. Pemain juga harus memastikan semuanya seimbang agar mendapatkan uang, gedung, lahan dan juga menaikkan level.

Pocket City bisa diunduh gratis di Google Play, namun sayangnya hanya menampilkan game yang paling dasar. Sedangkan versi premiumnya terdapat fitur yang lebih lengkap seperti mode menghilangkan iklan dan sandbox.

7. Assassin's Creed Pirates

Poster game Assasin's Creed Pirates (ReXdl.com)

Dikembangkan oleh Ubisoft Entertainment, Assassin's Creed Pirates merupakan salah satu game petualangan terbaik di Android. Tentu saja game ini bisa dimainkan secara offline dengan nuansa yang berbeda, yakni di lautan.

Game ini mengajak pemain untuk menjelajah lautan Karibia sekaligus berperang dengan musuh yang berada di lautan.

Dengan tampilan grafis yang tak perlu diragukan lagi, pemain akan menjadi layaknya bos dan nahkoda di kapal untuk menggerakan kapal juga mengumpulkan orang-orang untuk dijadikan kru.

Seperti bajak laut dalam film, pemain juga akan bertempur dengan kapal yang di temui di lautan dan membajak kapal mereka.

8. Fruit Ninja

Game offline paling populer dan mudah dimainkan ini, mengajak kamu untuk melatih ketangkasan jari sekaligus metorik otak serta kejelian mata. Pemain diharuskan mengiris sebanyak-banyaknya buah yang muncul berterbangan di layar smartphone.

Nah, di sini pemain juga harus berhati-hati karena di sela-sela buah yang berterbangan akan ada bom yang juga ikut muncul, dan jangan sampai bom itu ikut teriris.

Fruit Ninja merupakan game adiktif, jadi pantas saja bila banyak di download di Google Play Store sebanyak 100 juta dan memiliki score 4.4, sedangkan di App Store masuk ke peringkat 60 besar Top Chart Games.

9. Minecraft Pocket Edition

Memiliki jutaan penggemar, game Minecraft Pocket Edition ini memang mudah dimainkan. Bergenre petualangan, dalam game ini pemain bisa berkereasi dengan membuat bangunan sesuai keinginan.

Mulai dari merancang istana yang megah, memiliki ratusan senjata, ramuan yang mutakhir dan barang-barang mewah sesuai dengan kebutuhan.

Game ini memang dapat dimainkan secara offline namun saat pengguna smartphone ingin memainkan, ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan untuk mendownloadnya terlebih dahulu.

10. Crossy Road

Game yang satu ini sangat mudah untuk dimainkan. Meski begitu, game ini bisa membuat Anda ketagihan loh.

Pemain hanya perlu memandu seekor ayam untuk menyeberangi jalan melewati mobil, sungai dan beragam tantangan lainnya. Pemain juga bisa mengumpulka karakter yang unik dalam game ini. Tentu saja dapat diunduh secara gratis di Google Play.