Google Temani Umat Islam selama Ramadan
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Google berupaya menemani umat Islam menjalani puasa Ramadan 2023 agar lebih fokus, mudah, dan menyenangkan, dengan sederet fitur bermanfaat yang mereka miliki.

Google akan membantu orang-orang yang ingin mengetahui kapan waktu imsak dan berbuka, cara menyiapkan hidangan Ramadhan, hingga kapan restoran dan tempat hiburan buka selama Ramadhan

Berikut ini rangkuman tentang apa yang bisa Anda dapatkan dari Google, sebagaimana tertulis dalam siaran pers, dikutip dari Antara, Sabtu 25 Maret:

Teman Puasa

Di Google Search, dengan mengetik kata kunci “Ramadan”, Anda dapat menemukan berbagai informasi dari mulai berita terkini terkait Ramadhan, ucapan, hingga jadwal shalat dan beragam informasi lainnya untuk membantu Anda beribadah dan merencanakan kegiatan di bulan Ramadan hingga Hari Raya.

Selain itu ketika Anda membuka Google Play di smartphone, akan ada laman khusus yang menyajikan aplikasi pilihan, seperti Al-Quran digital, qibla finder dan masih banyak lagi untuk menemani ibadah Anda selama berpuasa.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan berbagai aplikasi rekomendasi yang menyajikan resep masakan spesial untuk Anda coba di rumah.

Teman Ngabuburit

Ngabuburit atau momen menghabiskan waktu di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa merupakan salah satu tradisi khas bulan Ramadan di Indonesia.

Untuk menemani ngabuburit Anda, Google Arts & Culture kembali merilis Art Coloring Book — Ramadan and Eid Edition, yang memungkinkan semua orang untuk belajar dan mewarnai karya seni favorit mereka langsung di situs atau aplikasi. Jika tidak memiliki aplikasinya, Anda bisa menemukannya di beranda Google, dengan kata kunci “Ramadan”.

Tidak hanya Google Art & Culture, Google Play juga menyediakan berbagai rekomendasi aplikasi, game menghibur, dan promo spesial khusus Ramadhan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu luang Anda.

Teman Mudik

Saat hendak mudik, Anda perlu mempersiapkan diri dan bekal perjalanan dengan baik. Salah satu yang tak boleh Anda lewatkan adalah menemukan rute terbaik.

Untuk menemukan rute mudik terbaik, Anda dapat menggunakan Google Maps untuk mengecek peraturan lalu lintas terkait mudik seperti penutupan jalan, one-way dan contraflow.

Jika Anda menggunakan kendaraan listrik, Anda dapat mengetahui posisi tempat pengisian bahan bakar listrik, dengan mengetik “EV charging stations” di Google Search atau Google Maps.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek fasilitas temporer dan permanen yang relevan seperti masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, dan bengkel kendaraan.

Teman Hari Raya

Di Indonesia, Lebaran tidak terlepas dari budaya berkunjung ke rumah kerabat dan sanak saudara. Manfaatkan momen berkumpul bersama ini dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain permainan keluarga yang inspirasinya dapat Anda temukan di YouTube.

Hal spesial lain dari momen menjelang Lebaran adalah mempersiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik dari apa yang akan dikenakan hingga apa yang harus dibawa.

Di Google Play Store, Anda dapat menemukan berbagai rekomendasi marketplace yang menjual berbagai kebutuhan Anda. Anda juga dapat mencari keperluan Anda langsung dengan Google Lens melalui fitur 'Shopping' dan dapatkan inspirasi lainnya.