IHSG Selasa Dibuka Menguat ke 5.524,62, Ini Menu Pilihan Saham dari Analis

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zina hijau pada perdagangan Selasa 17 November. IHSG dibuka menguat 0,54 persen atau 29,74 poin ke level 5.524,62.

Membuka perdagangan, 137 saham menguat, 20 saham melemah, dan 84 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 204,59 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp209,93 miliar.

Pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan melanjutkan tren kenaikan, setelah kemarin mampu bertahan di zona hijau dengan penguatan sebesar 0,62 persen ke level 5.494.

Analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, rentang support-resistance yang dimiliki IHSG berada di posisi 5.381-5.529.

"Secara teknikal, mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju level resistance terdekat," ujar Nafan dalam risetnya.

Sehingga, lanjut Nafan, peluang terjadinya kenaikan lanjutan pada laju IHSG hari ini bisa dimanfaatkan investor dengan mengakumulasi pembelian saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA).

Sementara itu, menurut analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, pergerakan IHSG hari ini cenderung berat untuk mempertahankan pola kenaikan.

"Secara teknikal, kata dia, IHSG memberi sinyal jenuh pada tren positif jangka pendeknya. Kami perkirakan IHSG bergerak cenderung berat, dengan support-resistance 5.450-5.527," ujar Lanjar.