Launching Trade Expo Indonesia ke-37, Mendag Zulhas Pasang Target Transaksi Tembus 10 Miliar Dolar AS
JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan merilis acara Trada Expo Indonesia (TEI) ke-37. Zulkifli menargetkan transaksi pada pameran tersebut dapat meningkat hingga tembus 10 miliar dolar AS. Target tersebut meningkat sekitar 40 persen dari perolehan transaksi di TEI ke-36 tahun 2021 lalu sebesar 6,06 miliar dolar AS.
TEI ke-37 ini akan digelar pada 19 hingga 23 Oktober 2022 secara langsung atau offline. Sementara, gelaran pameran secara online akan sigelar 19 Oktober sampai 19 Desember 2022.
Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pameran produk hingga temu bisnis ini akan menjadi titik balik sektor perdagangan pascapandemi COVID-19. Salah satunya, melalui peningkatan ekspor.
“Kami optimis TEI 37 yang dilaksanakan secara hybrid targetnya 10 miliar dolar AS. Insya Allah mudah-mudahan (tercapai),” katanya dalam peluncuran TEI ke 37 tahun 2022 secara virtual, Rabu, 10 Agustus.
Baca juga:
- PLN Pasok Listrik 35 MVA ke Tambang Emas di Gorontalo
- Peringatan 45 Tahun Pasar Modal RI, Sri Mulyani: Teruji Lewati Berbagai Krisis
- Warga Bekasi Siap-Siap Bakal Bisa Naik LRT Tak Lama Lagi, KAI Sudah Siapkan Fasilitas Ini
- Ketua OJK Paparkan Lima Fokus Kebijakan Pengembangan Pasar Modal: Mulai Kebijakan Merespon Dampak COVID-19 hingga Peningkatan Jumlah Investor
Kata Zulhas, dalam gelaran ini akan ditampilkan sejumlah produk dalam negeri. Harapannya, akan meningkatkan kinerja ekspor.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengungkap target pengunjung sebanyak 66.000 dan 1.000 eksibitor produk.
Angka ini juga meningkat dari tahun lalu. Pada TEI 36, jumlah pengunjung mencapai 32.030, dan peserta pameran sebanyak 834 eksibitor.
“Dengan menampilkan produk potensial, kami lakukan serangkaian sosialisasi dan penjaringan peserta baik online maupun offline, menggandeng Kementerian/Lembaga, dinas perdagangan dan asosiasi pelaku usaha,” ujar Didi.