Produk Suku Cadang Indonesia Bersaing Masuk Pasar Meksiko, Raup Potensi Transaksi 4,07 Juta Dolar AS
JAKARTA – Produk suku cadang Indonesia berhasil menarik minat pengunjung Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022 di Mexico City.
Melalui pameran ini, Indonesia apat mengenalkan produk suku cadang ke pasar Meksiko.
Dalam kegiatan yang berlangsung pada 13 hingga 15 Juli 2022 tersebut, produk Indonesia berhasil meraup potensi transaksi hingga 4.074.200 dolar AS.
“Produk Indonesia memiliki kualitas yang dapat diandalkan dan harga yang kompetitif sehingga dapat bersaing dengan produk dari negara lain. Diharapkan produk suku cadang Indonesia dapat menembus pasar otomotif Meksiko dan Amerika Latin yang persaingannya sangat ketat,” tutur Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Meksiko Cheppy T Wartono dalam keterangan tertulis, Selasa, 2 Agustus.
Perdagangan produk suku cadang di Meksiko merupakan salah satu yang terbesar di dunia yang mencapai 40 miliar dolar AS.
Nilai tersebut merupakan kue besar yang harus dinikmati produsen suku cadang kendaraan dari Indonesia.
Cheppy menyebutkan, jika Indonesia bisa menikmati 5 hingga 10 persen kue tersebut, perdagangan Indonesia-Meksiko akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Namun, tantangannya adalah para importir suku cadang di Meksiko belum mengetahui dan belum mengenal produk suku cadang kendaraan bermotor dari Indonesia.
Lebih lanjut, Cheppy mengatakan, hal itu terbukti ketika Indonesia menawarkan ke salah satu produsen motor terbesar di Meksiko Italika melalui pertemuan virtual, hanya dipilih dua perusahaan.
Namun, lanjut Cheppy, ketika ada perusahaan lain dari Indonesia yang beroartisipasi dalam pameran dan diajak ke Italika, ternyata produk-produk yang lain juga diminati.
“Hal itu membuktikan, produk Indonesia belum banyak dikenal. Ada pepatah, tak kenal, maka tak sayang. Oleh karena itu, Kedutaan Besar RI dan ITPC Mexico City berusaha mendorong perusahaan di Indonesia lebih berani masuk ke pasar Meksiko serta Amerika Tengah dan Selatan lebih agresif lagi,“ tutur Cheppy.
Expo INA PAACE Automechanika Mexico 2022 yang diselenggarakan Messe Frankfurt GmbH merupakan pameran sektor otomotif terbesar di wilayah Amerika Selatan. Pameran ini telah dikunjungi oleh lebih dari 30 ribu pengunjung serta diikuti 30 negara.
Sejumlah perusahaan Indonesia berpartisipasi dalam paviliun Indonesia melalui fasilitasi ITPC Mexico City dalam pameran INA PAACE Automechanika Mexico 2022. Pertama, PT Aneka Komkar Utama (AKKU) mempromosikan produk karet dan antivibrasi baik untuk pasar OEM (Original Equipment Manufacture) maupun after sales market.
Kedua, PT Astra Otoparts yang mempromosikan produk ban untuk motor, mobil, kendaraan komersial serta baterai untuk kendaraan dan suku cadang lainnya.
Terakhir, Garuda Metalindo yang mempromosikan produk pengencang (mur dan baut) untuk industri otomotif maupun industri lainnya. Keempat, PT Indoprima Gemilang yang mempromosikan produk friksi (brake pad, brake shoe, dan brake linning), gasket, maupun spring untuk industri otomotif.
Selain itu, Kepala ITPC Mexico City, Husodo Kuncoro Yakti mengatakan pihaknya juga menggandeng Sakura Filter Mexico selaku distributor produk filter udara merek Sakura dari Indonesia.
Menurut Kuncoro, partisipasi Indonesia dalam kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan ITPC Mexico City mendorong perusahaan suku cadang Indonesia memasuki pasar Meksiko dan Amerika Latin.
“Potensi sektor otomotif sangat besar, yaitu sekitar 4 juta kendaraan diproduksi tiap tahunnya di Meksiko. Selain itu, tentu saja Meksiko adalah pemasok utama kendaraan ke Amerika Serikat dan Amerika Latin,” terangnya.
Sekadar informasi, selama pameran berlangsung, pengunjung terus berdatangan ke paviliun Indonesia, tertarik dengan berbagai produk yang dipromosikan.
Perusahaan ritel suku cadang maupun peserta dari negara lain, pemasok hingga pemilik bengkel turut mengunjungi paviliun Indonesia.
Baca juga:
- Japfa Comfeed, Perusahaan Peternakan Milik Konglomerat Handojo Santosa Raup Penjualan Rp24,48 Triliun dan Laba Rp1,11 Triliun di Semester I 2022
- Luar Biasa, Bukalapak Akhirnya Bisa Raup Laba Rp8,59 Triliun dari Sebelumnya Rugi Rp767 Miliar, Meroket 1,209 Persen!
- Perusahaan Taksi Blue Bird Milik Konglomerat Purnomo Prawiro Raup Pendapatan Rp1,55 Triliun dan Laba Rp146,18 Miliar di Semester I 2022
Bahkan setelah pameran usai, peserta pameran berkesempatan mengunjungi Italika sebagai salah satu produsen motor terbesar di Meksiko untuk mempresentasikan produknya.
Total perdagangan nonmigas Indonesia–Meksiko pada periode Januari hingga Mei 2022 tercatat sebesar 790,9 juta dolar AS atau meningkat 38,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Meksiko sebesar 652,8 juta dolar AS. Adapun impor Indonesia dari Meksiko sebesar 138,1 juta dolar AS.