Wagub DKI Ingin Pindahkan Lokasi Citayam Fashion Week ke Monas Hingga Lapangan Banteng

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku ingin memindahkan kegiatan Citayam Fashion Week (CFW) dari zebra cross Dukuh Atas ke lokasi lain.

Riza memandang saat ini kegiatan ajang tampil gaya di tempat penyeberangan orang kawasan Sudirman, Jakarta Pusat tidak tepat lantaran jumlah masyarakat yang ikut serta membludak.

"Karena semua antusias luar biasa, orang ingin tahu, lalu jumlahnya membludak. karena jumlahnya membludak, apa yang terjadi? Jadi banyak yang parkir di trotoar, jalur sepeda. kemudian, orang enggak bisa jalan, tertutup," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 25 Juli.

Riza menyebut ada beberapa lokasi yang bisa digunakan para remaja "SCBD" (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) untuk menggelar CFW. Di antaranya adalah Monumen Nasional (Monas) dan Taman Lapangan Banteng.

"Saya usulkan bisa saja di Monas, di area plaza selatan tuh, yang baru. Bisa duduk di situ, ada tribunnya. tempatnya luas. Kedua, Taman Lapangan Banteng, itu juga luas dan keren," ujar Riza.

Selain kedua lokasi tersebut, Riza juga melihat kawasan Kota Tua, Senayan, hingga Kemayoran juga bisa menjadi lokasi CFW.

Kini, Pemprov DKI tengah mempertimbangkan lokasi-lokasi yang paling cocok untuk gelaran fashion show tersebut. Masyarakat, kata dia, bisa ikut mengusulkan lokasi lainnya.

"Silakan teman-teman usulkan apa yang lebih keren. Saya mengerti, teman-teman yang di situ maunya tempatnya yang strategis, mudah diakses. Jadi, kita menghargai mengapresiasi, tapi kita tetap akan cari solusi," urainya.

Lebih lanjut, Wagub DKI itu juga mendukung Polres Metro Jakarta Pusat yang menyebut bahwa fungsi zebra cross jalan merupakan tempat menyebrang bagi pejalan kaki. Bukan justru menjadi tempat catwalk kegiatan fashion show.

"Nanti para selebgram, artis dan adik-adik semuanya yang punya bakat fashion show bisa gelar di lokasi tersebut. Nanti kita carikan tempat, tadi kita diskusikan juga sama semua yang terkait. Jangan di tengah jalan atau di zebra cross, itu sangat berbahaya," ujarnya.