Debat Pilkada Solo: Gibran Tanya Bajo soal Aplikasi Solo Destination, Bajo Bicara Prioritas Warga Puas

JAKARTA - Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menanyakan soal pemanfaatan aplikasi Solo Destination kepada pasangan independen Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo). Calon wakil wali kota Solo Supardjo berbicara pentingnya digitalisasi agar warga Solo puas dengan pelayanan birokrasi.

“Pak Bagyo, Pak Supardjo, ini masih tentang pelayanan publik, nggih pak nggih. Bagaimana pasangan calon memanfaatkan aplikasi Solo destination? Aplikasi sudah ada misalnya info perpajakan, info perizinan, ada info juga kamar-kamar ksoong di rumah sakit. Bagaimana caranya aplikaso bisa lebih optimal lagi dan dimanfaatkan orang-orang banyak,” tanya Gibran kepada pasangan calon independen Bajo dalam debat Pilkada Solo yang disiarkan KPU Solo bekerja sama dengan Metro TV, Jumat, 6 November. 

Pertanyaan ini dijawab calon wakil wali kota Solo FX Supardjo dalam sesi debat yang dipandu Eva Wondo. Menurutnya perkembangan teknologi harus benar-benar dimanfaatkan untuk pelayanan pada dinas-dinas Pemerintah Kota Solo. 

“Terutama bidang administrasi, hukum dan pelayanan pendidikan. Kita koordinasi kepada tiap dinas-dinas bagaimana memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat. Kalau istilah dulu ada waktu beberapa hari, dengan perkembangan teknologi bisa satu hari selesai, sehingga masyarakat puas,” tutur Supardjo.