Jumlah Suara Bertambah, Koalisi Konservatif Jepang Makin Mayoritas di Majelis Tinggi Parlemen Usai Pembunuhan Shinzo Abe

JAKARTA - Pemerintah Koalisi Konservatif Jepang berhasil meningkatkan mayoritasnya di majelis tinggi parlemen dalam pemilihan Hari Minggu, dua hari setelah pembunuhan politisi senior mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Abe, pemimpin moderen terlama di Jepang, ditembak mati pada Hari Jumat saat pidato kampanye di Kota Nara. Sempat dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, Shinzo Abe meninggal karena kehabisan darah, dengan otopsi menentukan ada dua luka tembak, satu di lengan kiri atas dan satu lagi di lehernya.

Partai Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Perdana Menteri Fumio Kishida, di mana Abe tetap menjadi anggota parlemen yang berpengaruh, dan mitra juniornya Komeito memenangkan 76 dari 125 kursi yang diperebutkan di majelis itu, dari 69 sebelumnya, menurut jajak pendapat yang dikeluarkan oleh penyiar publik NHK.

LDP memenangkan 63 kursi, naik dari 55, untuk memenangkan mayoritas kursi yang diperebutkan, tetapi tidak cukup untuk mengambil mayoritas tunggal secara keseluruhan, melansir Reuters 11 Juli.

Sementara mengutip Kyodo, kubu pro-amandemen konstitusi, yang terdiri dari koalisi LDP-Komeito, dua partai oposisi dan independen berhasil mengamankan 179 kursi di majelis tinggi.

Dikombinasikan dengan 84 kursi yang dipegangnya yang tidak untuk pemilihan tahun ini, ia melewati ambang batas 166 kursi yang diperlukan untuk membidik revisi pertama Konstitusi 1947.

Shinzo Abe. (Wikimedia Commons/首相官邸ホームページ)

Pemilihan untuk majelis tinggi parlemen yang kurang kuat biasanya merupakan referendum tentang pemerintahan yang sedang menjabat. Perubahan pemerintahan tidak dipertaruhkan, karena itu ditentukan oleh majelis rendah.

Tetapi, pertunjukan yang kuat dapat membantu Kishida mengkonsolidasikan kekuasaannya, saat ia berupaya mengarahkan pemulihan Jepang dari pandemi COVID-19, menahan kenaikan harga konsumen, sekaligus meningkatkan pertahanan pada saat ketegangan dengan tetangganya, China, meningkat. Hasil akhir akan diumumkan pada Senin sore.

"Sangat penting kami dapat menyelenggarakan pemilihan ini bersama-sama pada saat kekerasan mengguncang fondasi pemilihan," ujar PM Kishida, seorang anak didik Abe, mengatakan setelah exit poll.

"Saat ini, ketika kita menghadapi masalah termasuk virus corona, Ukraina dan inflasi, solidaritas di dalam pemerintah dan partai koalisi sangat penting," tambahnya.

Keuntungan tersebut memungkinkan Kishida untuk merevisi konstitusi pasifis Jepang, sebuah mimpi yang tidak pernah dicapai Abe. Partai-partai yang terbuka untuk merevisi konstitusi mempertahankan mayoritas dua pertiga mereka di majelis tinggi.

Shinzo Abe. (Wikimedia Commons/内閣官房内閣広報室)

Ditanya tentang revisi konstitusi pada Minggu malam, Kishida mengatakan dia akan fokus menyusun RUU yang akan dibahas di parlemen. Sementara, orang-orang yang dekat dengan Kishida mengatakan timnya juga ingin secara bertahap menghapus "Abenomics", kebijakan ekonomi khas Jepang tentang pengeluaran pemerintah dan stimulus moneter, yang dinamai mantan perdana menteri yang memulai eksperimen hampir satu dekade lalu.

Kishida sekarang mungkin memiliki modal politik untuk mengubah arah, kata para analis, dan juga kemungkinan memiliki tiga tahun untuk mendorong undang-undang sebelum pemilihan lain perlu diadakan.

"Kishida mungkin memiliki lebih banyak kelonggaran dalam mengejar kebijakan berdasarkan ide-idenya, meskipun anggota parlemen yang dekat dengan Abe dapat bersatu dan lebih vokal menyerukan untuk mempertahankan Abenomics," kata Koya Miyamae, ekonom senior di SMBC Nikko Securities.

Pembunuhan Abe

Terpisah, Shigenobu Tamura, seorang analis politik dan mantan staf LDP, mengatakan pembunuhan Abe mungkin telah meningkatkan dukungan partai yang berkuasa di "distrik yang diperebutkan".

Penembakan fatal terhadap Abe tetap segar di benak orang Jepang saat mereka menuju ke tempat pemungutan suara pada Hari Minggu, tetapi tampaknya tidak berdampak signifikan pada jumlah pemilih.

Kematian Abe di sebuah acara kampanye menghasilkan fokus besar pada pemilihan tiga tahunan, menempatkan politik di depan pikiran publik pemilih sementara menghindari perhatian dari isu-isu kunci seperti biaya tekanan hidup.

Namun, menurut perkiraan Kyodo News, tingkat partisipasi hanya mencapai 52,0 persen pada pukul 1 pagi. Angka tersebut hanya 3,2 poin persentase lebih tinggi dari tingkat partisipasi terendah kedua sebesar 48,8 persen yang tercatat pada 2019.

Pada Hari Minggu, banyak orang melakukan perjalanan untuk memberi penghormatan di daerah di kota barat Nara dekat tempat Abe dibunuh, dengan pelayat berbaris untuk meninggalkan bunga.

"Abe adalah politisi yang bekerja keras untuk Jepang. Sangat disayangkan," kata Akihiro Yorimoto, 43 tahun dari Osaka yang datang bersama keluarganya untuk menempatkan bunga.

Sementara LDP memiliki hasil terbaiknya sejak 2013, partai oposisi utama, Partai Demokrat Konstitusional Jepang (CDPJ), hanya memenangkan 17 kursi, kehilangan enam kursi yang diperebutkan yang telah dipegangnya sebelum pemilihan.

Penangkapan Yamagami. (Tangkapan layar dari Video Asahi Shimbun)

Pemimpin CDPJ Kenta Izumi mengakui kekalahan, dengan mengatakan, "Saya menganggapnya sebagai pemilih yang tidak ingin beralih dari LDP dan mempercayakan kami untuk menjalankan pemerintahan."

Berbicara dalam konferensi pers yang dimulai pada Minggu larut malam, Izumi mengatakan para eksekutif partai bertanggung jawab atas hasilnya tetapi dia tidak akan mundur sebagai ketua partai.

Adapun Partai Inovasi Jepang, sebuah partai oposisi konservatif, memenangkan 12 kursi, memperluas kepemilikan keseluruhannya di majelis tinggi menjadi 21 kursi.

Meskipun Partai Inovasi Jepang mendapatkan kursi, pemimpinnya Ichiro Matsui juga menggambarkan hasil tersebut sebagai kekalahan, dengan mengatakan LDP mencetak 'kemenangan yang luar biasa.'

Matsui, yang sebelumnya mengatakan akan mundur setelah pemilihan, mengatakan LDP "perlu menetapkan jadwal (untuk merevisi Konstitusi), yang ingin dilihat oleh mendiang mantan Perdana Menteri Abe."

Kishida menjabat Oktober lalu menjanjikan upaya habis-habisan untuk mengatasi pandemi COVID-19. Mandat baru juga akan memungkinkan dia untuk melanjutkan upayanya untuk menciptakan 'kapitalisme baru' yang dirancang untuk mendistribusikan kembali kekayaan, dengan tidak ada pemilihan nasional yang diharapkan sampai tahun 2025, kecuali Kishida membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat, majelis rendah yang lebih kuat.

Pembunuhan Abe, seorang anggota majelis rendah dan tokoh kunci LDP, mengguncang bangsa dan dunia, menyatukan partai-partai besar dalam tekad mereka untuk tidak menyerah pada kekerasan politik.

Menurut analisis jajak pendapat Kyodo, LDP mengumpulkan bagian terbesar dari pemilih tidak terafiliasi di bagian perwakilan proporsional sebesar 21,9 persen, diikuti oleh 17,7 persen untuk Partai Inovasi Jepang.