Survei LSI Denny JA: Pengguna Facebook dan Whatsapp Jadi Penentu Pemenang Pilpres 2024
JAKARTA - Lembaga survei nasional LSI Denny JA, merilis hasil survei terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024 pada era digital. Hasilnya, pengguna akun media sosial Facebook dan Whatsapp menjadi penentu pemenang Pilpres 2024 mendatang.
LSI Denny JA menyebut, untuk pertama kalinya dalam pilpres di Indonesia, komunitas dunia digital khususnya pada pemilik akun Facebook dan Whatsapp menjadi kantong besar pemilih di atas 50 persen. Pemilik akun kedua media sosial ini ikut menjadi penentu pemenang pilpres 2024.
Direktur CPA-LSI Denny JA Ade Mulyana menjelaskan, menjelang pilpres 2024, jumlah komunitas digital mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan masa sebelum pilpres 2019. Tahun 2017, pengguna Facebook hanya sebesar 29,1 persen, sedangkan mereka yang menggunakan whatsapp sebesar 47,0 persen.
"Sementara menjelang Pilpres 2024 (survei Juni 2022), mereka yang menggunakan FB sebesar 51,8 persen, dan mereka yang menggunakan WA sebesar 60,0 persen," ujar Ade dalam paparannya di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timu, Rabu, 6 Juli.
Sedangkan pengguna media sosial lainnya seperti instagram dan youtube juga mengalami kenaikan. Ade menuturkan, pengguna instagram meningkat dari 13,7 persen di tahun 2017, menjadi 22,6 persen di tahun 2022.
Sedangkan, Pengguna youtube dari 19,7 persen di tahun 2017 menjadi 45,0 persen di tahun 2022. Namun pengguna instagram dan youtube masih dibawah 50 persen penggunanya di Indonesia pada tahun 2022.
Baca juga:
"Kantong suara di komunitas digital ini penting. Karena pengguna Facebook dan Whatsapp bisa menjadi penentu kemenangan di Pilpres 2024," kata Ade.
Survei nasional LSI Denny JA dilakukan pada 24 Mei-7 Juni 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia. Melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Margin of error (Moe) survei ini adalah sebesar +/- 2.9 persen.