NasDem-PKS Sepakat Bangun Koalisi, PDIP: Bagus Sekali Secara Dini Bangun Koalisi, Selamat!

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memberi selamat atas kerja sama yang terjalin antara Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hasto mengapresiasi kesepakatan antara dua partai tersebut.

"Ya itu bagus sekali ada partai yang secara dini membangun koalisi, antara NasDem dengan PKS. PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas koalisi NasDem dan PKS tersebut," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Rabu, 23 Juni.

Meski ada sejumlah partai yang sudah berkoalisi, Hasto menyatakan partainya belum akan mengambil langkah yang sama.

Alasannya, PDIP kini masih fokus untuk bekerja ke membantu memulihkan kondisi masyarakat pascapandemi COVID-19.

"Bagi PDI Perjuangan, keyakinan yang kami tempuh adalah turun ke bawah, ke desa-desa menyerap aspirasi masyarakat desa, membantu memulihkan dari pandemi COVID-19," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah bertemu Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu untuk membahas sejumlah agenda besar jelang pemilu pada Selasa, 22 Juni kemarin.

Usai pertemuan, Surya menegaskan pembentukan koalisi belum dibahas. Kedua partai saat ini masih sebatas silaturahmi dan persiapan kerjasama politik jelang pemilu.

Tapi, dia tak menampik ada kemungkinan koalisi terjadi antara partainya bersama PKS dan Partai Demokrat. "Bagi kami berdua belum ada satu hal yang cukup serius menjadi pembahasan di antara kami. Tetapi telah mendapatkan sesuatu yang dimaknai," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta, Rabu, 22 Juni.

"Ada banyak kesamaan pandangan pikiran yang amat sangat dimungkinkan untuk dikolaborasikan bersama menjadi suatu harapan meningkatkan upaya yang memang harus dipersiapkan dari dini agar kualitas pemilu pada tahun 2024 yang akan datang bisa jauh lebih baik dari apa yang pernah kita lalui," imbuhnya.