Viral, Sejumlah Orang di Arab Saudi Lepas Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia

JAKARTA - Kabar kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab terus bergulis. Setelah sebelumnya Rizieq Shihan menyampaikan sendiri rencana kepulangannya ke Indonesia.

Kali ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan sejumlah orang di Arab Saudi melepas kepulangan Rizieq Shihab ke Tanah Air.

"Selamat jalan guru kami Al Habib Muhammad Rizieq Shihab pulang ke Indonesia membawa kebenaran, Takbir! Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar," kata sejumlah orang dalam video berdurasi 19 detik, Selasa, 17 Oktober.

Mereka juga turut membentangkan sebuah banner yang bertuliskan "SELAMAT JALAN GURU KAMI Al Habib Muhammad Rizieq Shihab ke Indonesia".

Adapun Rizieq Shihab sebelumnya mengatakan akan segera pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat bersama keluarganya. Hal itu disampaikan Rizieq dalam sebuah video yang tersebar di media sosial.

Adapun dalam video berdurasi 01.30 Rizieq mengatakan, akan kembali ke tanah air untuk berjuang bersama umat. Namun dia tidak mengatakan dengan pasti kapan akan kembali ke Tanah Air.

"Insyaallah kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat ini, tidak lama lagi, saya sekeluarga akan kembali ke Indonesia, akan pulang ke Tanah Air, dan akan kembali berjuang bersama umat Islam di kita punya negeri tercinta," ujar Rizieq yang terlihat sedang duduk bersama sejumlah orang sambil menyampaikan rencana kepulangannya.

Dikonfirmasi mengenai kabar kepulangan Rizieq Shihab berserta keluarga, Pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengaku belum mengetahuinya. 

"Saya tidak mendapat informasi (mengenai kepulangan Rizieq Shihab)," kata Teuku saat dikonfirmasi VOI, Jakarta, Selasa, 27 Oktober.

Dia menyarankan sebaiknya hal ini ditanyakan langsung kepada Duta Besar Indonesia di Riyadh, Arab Saudi. Menurut dia, perwakilan Indonesia di Arab pasti mengetahui hal ini.

"(Sebaiknya ditanyakan) langsung ke Bubes kita di Riyadh," kata Teuku.

Sementara Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel belum mau menjawab pertanyaan dari tim VOI saat ditanya mengenai informasi kepulangan Rizieq Shihab.