Novel Bamukmin Ancam PA 212 Bakal Tinggalkan Anies Jika Tetap Pakai Sponsor Bir untuk Formula E

JAKARTA - Wasekjen Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Novel Bamukmin menentang keras adanya perusahaan bir merek Heineken yang menjadi sponsor gelaran Formula E Jakarta.

Novel sampai mengancam bahwa kelompok 212 akan meninggalkan dukungan mereka kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jika tetap menggunakan sponsor dari perusahaan minuman keras.

"Saya meminta agar Anies membatalkan bekerja sama dengan segala merek minuman keras. Kalau tidak, ini sama saja dengan rezim yang zalim karna suka dengan maksiat dan kemungkaran. Jangan salahkan umat Islam, khususnya spirit 212 akan meninggalkan Anies Baswedan," kata Novel kepada wartawan, Jumat, 27 Mei.

Sebagaimana diketahui, 212 adalah aksi besar-besaran pada tanggal 2 Desember 2016 oleh kelompok yang menuntut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dijadikan tersangka dalam kasus penistaan agama.

Aksi ini, dianggap banyak pihak, memuluskan jalan Anies Baswedan untuk menang dalam Pilkada DKI 2017 yang melawan Ahok serta Agus Harimurti Yudhoyono.

Dalam kesempatan itu, Novel menegaskan bahwa mereka mendukunv gelaran balap listrik tersebut. Hanya saja, Anies tak perlu menerima sponsor dari perusahaan bir hanya demi menutup biaya penyelenggaraan Formula E.

"Penyelenggraan formula E sebenarnya baik, namun jangan menghalalkan segala cara. Perlu diingat, Anies Baswedan itu pilihan umat Islam dengan semangat bela agama, sehingga harus dijaga perasaan umat Islam. Jangan sampai melukai hati umat islam yang telah memilihnya," cecar Novel.

Sampai saat ini, sponsor lokal gelaran Formula E memang belum diungkapkan oleh penyelenggara. Namun, dalam situs resmi jakartaeprixofficial.com telah menampilkan sejumlah perusahaan yang menjadi sponsor utama dan sponsor global.

Nama perusahaan yang tergabung dalam sponsor utama adalah ABB asal Swiss yang bergerak bidang teknologi otomasi, robotik, daya, dan peralatan listrik berat.

Selanjutnya, perusahaan keuangan asal Swiss Julius Bar menjadi sponsor global acara ini. Lalu, sponsor teknis adalah Michelin yang merupakan perusahaan ban asal Prancis.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang tergabung dalam sponsor lainnya. Di antaranya adalah Copper, Hugo Boss, Bosch, DHL, Moet & Chandon, Enelxway, Allianz, Tagheur, Anfogasta Minerals, Saudia.

Kemudian, salah satu sponsor global lainnya yang menjadi sorotan adalah Heineken yang merupakan produsen bir.

Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni sempat menjelaskan bahwa Heineken merupakan sponsor kategori global. Di mana, penetapannya menjadi kewenangan Formula E Operation (FEO) selaku pemegang lisensi Formula E.

"Itu minuman (sponsor bir) di (kategori) global. Global itu langsung FEO-nya yang punya (menentukan sponsor). Untuk di dalam negeri, kan, lokal partnernya beda," jelas Sahroni, beberapa waktu lalu.