Film Sunan Gunung Jati Ditayangkan Lagi, Kisah Merangkum Penyebaran Islam di Cirebon

JAKARTA - Film yang bertema sejarah sering diputar berulang-ulang dan tidak membosankan. Seperti film Sunan Gunung Jati yang akan tayang di gelaran Film Spesial tvOne Minggu, 22 Mei pukul 20.00 WIB.

Film Sunan Gunung Jati merupakan film sejarah yang dirilis pada tahun 1985. Sunan Gunung Jati alias Syarif Hidayatullah, dalam film ini dikisahkan sebagai cucu Prabu Siliwangi yang sejak kecil bermukim di Mesir bersama orang tuanya.

Kemudian sang Ibu ingin Sunan Gunung Jati mengabdikan diri untuk syiar agama di tanah kelahirannya yaitu Cirebon. Berbagai mukjizat dilakukan Sunan Gunung Jati untuk menolong rakyat Cirebon, ia juga meyakinkan pentingnya percaya kepada Allah.

Saat ia diangkat sebagai tumenggung, Sunan Gunung Jati harus berhadapan dengan Raja Cakraningrat dari Kerajaan Galuh. Ketika menjabat sebagai tumenggung ia tak mau lagi memberi upeti, sehingga terjadilah peperangan.

Sunan Gunung Jati kemudian dibantu oleh Sultan Demak, Trenggono. Sunan Gunung Jati merupakan salah satu tokoh yang dikenal dalam Wali Songo yaitu 9 Wali yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa.