SEA Games Hanoi 2021: Indonesia Tekuk Filipina 4-0

JAKARTA – Tim nasional Indonesia U-23 sukses menekuk Filipina dengan skor 4-0 di laga ketiga penyisihan Grup A SEA Games Hanoi 2021 di Viet Tri Stadium, Vietnam, pada Jumat, 13 Mei 2022.

Indonesia unggul lewat gol Muhammad Ridwan pada menit ke-18. Pemain Persik Kediri itu menggetarkan jalan lawan setelah memaksimalkan umpan kiriman Egy Maulana dari sisi kanan.

Skuad asuhan Shin Tae-yong kemudian melebarkan jarak gol semenit sebelum waktu normal jeda. Kali ini giliran Rizki Ridho yang mencatatkan namanya di papan skor.

Ia memaksimalkan tendangan Syahrian Abimanyu dari eksekusi bola mati dengan sundulan untuk mengecoh kiper tim lawan.

Di paruh kedua pertandingan, Indonesia butuh waktu jauh lama menambah keunggulan. Gol ketiga itu dibukukan Egy pada menit ke-74.

Ini merupakan gol kedua pemain pemain 21 tahun tersebut di ajang dua tahunan ini. Ia sebelumnya juga menyumbang satu gol saat Indonesia mengalahkan Timor Leste.

Indonesia kemudian mendapat hadiah penalti sepuluh menit kemudian. Wasit menunjuk titik putih akibat Ronaldo Kwateh dilanggar di kotak terlarang.

Marselino Ferdinan yang tampil sebagai eksekutor sukses menjalankan tugas dengan baik untuk membuat Indonesia unggul 4-0 yang bertahan sampai laga bubar.

Ini adalah kemenangan kedua bagi Indonesia dari tiga pertandingan yang telah dimainkan. Satu kemenangan lainya didapat Egy dan kawan-kawan saat menghadapi Timor Leste.

Sementara itu, satu-satunya kekalahan diterima Indonesia saat berhadapan dengan tuan rumah Vietnam di pertandingan perdana.

Indonesia selanjutnya akan menghadapi Myanmar di pertandingan terakhir pada Minggu, 15 Mei nanti. Jika berhasil menang di laga ini, skuad Shin Tae-yong otomatis lolos ke semifinal.