Sering Temukan "User Not Found" di Instagram, Bisa Jadi Ini Alasannya

JAKARTA - Instagram merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang sudah dirilis sejak tahun 2011.  Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Sebagai pengguna instagram, pernahkah Anda menemukan "Pengguna Tidak Ditemukan" atau "User Not Found"? 

Jika pernah, mungkin saja itu terjadi karena alasan tertentu. VOI akan menjelaskan kenapa tulisan "Pengguna Tidak Ditemukan" muncul di instagram Anda. 

Apa itu "Pengguna Tidak Ditemukan" di Instagram?

Kesalahan "pengguna tidak ditemukan" di Instagram dapat terjadi karena sejumlah masalah mulai dari penonaktifan akun hingga kesalahan ketik hingga kemungkinan pemblokiran.

Berikut alasan-alasan mengapa Anda menemukan kata-kata tersebut. 

Akun Dinonaktifkan Sementara

Instagram adalah aplikasi yang menyenangkan untuk membagikan momen momen indah Anda lewat foto maupun video.

Namun, tidak jarang beberapa pengguna memilih untuk menonaktifkan akunnya sementara karena ingin fokus terhadap satu dan lain hal. 

Anda akan mendapatkan pemberitahuan "pengguna tidak ditemukan" ketika Anda mencoba mengunjungi profil orang tersebut karena mereka memilih untuk menonaktifkannya sementara. 

Akun Telah Dihapus

Alasan lain mengapa Anda mungkin mendapatkan pemberitahuan "pengguna tidak ditemukan" adalah bahwa pengguna telah menghapus akun mereka. 

Bisa jadi pengguna tersebut sudah bosan atau sudah tidak lagi memerlukan instagram, sehingga mereka memutuskan untuk menghapusnya.

Pengguna Telah Diblokir

Alasan berikutnya adalah mungkin saja karena Anda sudah memblokir pengguna tersebut. Mungkin bukan Anda yang dengan sengaja memblokirnya, melainkan terjadi error di instagram Anda. 

Dalam hal ini, alasan Anda melihat kesalahan mungkin karena larangan Instagram pada akun tersebut. Instagram juga membatasi akun pengguna yang telah dilaporkan oleh orang lain. Mencoba mengunjungi profil ini saat dibatasi juga akan menghasilkan kesalahan "pengguna tidak ditemukan".

Salah Mengetik Nama Pengguna

"Pengguna tidak ditemukan" bisa jadi karena Anda salah memasukkan nama penggunanya. Ada lebih dari satu miliar akun terdaftar di Instagram, ini menyebabkan Anda sulit menemukannya. 

Apalagi jika nama pengguna yang unik, dan sulit untuk dibaca. Sebaiknya, Anda memilih nama pengguna yang mudah dibaca, dan mudah dieja agar pengguna lain mudah menemukannya.

Pengguna Mengubah Nama Penggunanya

Orang-orang pasti pernah mengubah nama pengguna di Instagram karena berbagai alasan. Beberapa melakukannya untuk mencerminkan perubahan identitas diri mereka.

Apapun alasan perubahan itu, mencoba mengakses profil pengguna yang telah mengubah nama pengguna mereka juga bisa menjadi alasan Anda mendapatkan respons "pengguna tidak ditemukan".

Anda Telah Diblokir

Alasan terakhir mengapa Anda menemukan pemberitahuan “pengguna tidak ditemukan” saat mencoba mengakses profil pengguna adalah, kemungkinan Anda telah diblokir.

Diblokir tidak selalu bersifat pribadi. Biasanya, orang memblokir orang yang tidak ingin mereka lihat kontennya. Banyak selebritas juga memblokir pengikut untuk mencegah komentar negatif.

Jika Anda menduga bahwa Anda telah diblokir, cara terbaik untuk mengonfirmasinya adalah dengan meminta teman bersama untuk memeriksa apakah mereka dapat mengakses profil tersebut atau tidak. Jika mereka bisa, maka Anda mungkin telah diblokir.