Perusahaan Milik Konglomerat Hary Tanoesoedibjo Ini Raup Pendapatan dari Iklan Senilai Rp9,1 Triliun hingga Meraih Laba Rp2,5 Triliun di 2021

JAKARTA - Perusahaan milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan laba bersih sebesar Rp2,577 triliun di 2021, tumbuh 38 persen dari Rp1,871 triliun pada 2020.

Dalam keterangan resmi MNCN, dikutip Kamis 14 April, pada kuartal IV 2021 laba bersih perseroan juga menunjukkan hasil yang luar biasa, yang meningkat signifikan sebesar 82 persen menjadi Rp766,3 miliar dibandingkan Rp422 miliar pada periode sama tahun sebelumnya.

Adapun laba kotor MNCN juga meningkat sebesar 15 persen dari Rp4,906 triliun di 2020 menjadi Rp5,630 triliun di 2021, yang mewakili margin laba kotor sebesar 59 persen (YoY). Pada kuartal IV 2021, laba kotor yang dibukukan perseroan sebesar Rp1,586 triliun, tumbuh 26 persen dari Rp1,255 triliun pada kuartal IV 2020,.

MNCN mencatat pendapatan konsolidasi sebesar Rp9,622 triliun pada tahun buku 2021, naik sebesar 21 persen dari Rp7,956 triliun pada 2020. Sementara pada kuartal IV 2021, pertumbuhan pendapatan mencapai 28 persen menjadi Rp2,549 triliun dibandingkan Rp1,994 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk pendapatan iklan, MNCN membukukan pencapaian yang luar biasa, yakni sebesar Rp9,192 triliun pada 2021, naik 23 persen dari Rp7,488 triliun miliar di 2020.

Selanjutnya, pada kuartal IV 2021, pendapatan iklan perseroan meningkat 25 persen menjadi Rp2,448 triliun dari Rp1,964 triliun pada kuartal IV 2020.

"Peningkatan yang signifikan dalam pendapatan iklan sebagian besar didorong oleh pertumbuhan pendapatan digital perseroan, yang bertumbuh sebesar 106 persen menjadi Rp2,007 triliun pada tahun 2021 dibandingkan Rp973,2 miliar di 2020," kata Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.