Nasib Timnas Futsal Indonesia Berpartisipasi di SEA Games Hanoi 2021 Ternyata Masih Abu-Abu

JAKARTA - Manajer tim nasional futsal putra Dimas Bagus Kurniawan mengatakan peluang timnas futsal diberangkatkan ke SEA Games 2021 Hanoi masih abu-abu. Namun, dukungan untuk timnas futsal Indonesia tampil di Hanoi terus berdatangan.

"Saya juga belum bisa memastikan 100 persen jadi berangkat atau 100 persen tidak berangkat. Namun, yang pasti federasi saat ini sedangkan berkoordinasi dengan pemerintah/Kemenpora," katanya ketika dihubungi VOI, Senin, 11 April.

Untuk diketahui, timnas futsal Indonesia tidak termasuk dalam cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke ajang dua tahunan itu berdasarkan hasil analisa tim tinjuan kontingen Indonesia.

Hasil analisis itu menyebut cabor futsal dianggap tidak punya potensi mendapat medali. Namun, belakangan ada desakan yang menuntut tim peninjauan untuk mempertimbangkan kembali keputusan itu usia timnas futsal menjadi runner up di Piala AFF 2022.

Terbaru bahkan muncul petisi dari kelompok yang menamakan diri Supporter Timnas. Kelompok ini menuntut Kementerian Pemuda dan Olahraga didesak agar mengirimkan tim nasional futsal Indonesia ke Hanoi pada 12-23 Mei nanti.

"Kami sebagai Supporter Timnas Indonesia Kecewa dengan adanya berita bahwa Timnas Futsal Indonesia rencananya akan tidak diikutsertakan dalam SEA Games bulan Mei 2022 di Hanoi mendatang," demikian bunyi petisi itu.

Dalam petisi itu, Supporter Timnas juga menjabarkan sederet prestasi timnas futsal untuk menyangkal alasan tim tinjauan. Di antaranya menjadi juara Piala AFF 2010 lalu.

Saat berita ini ditulis, VOI juga sudah berusaha menghubungi Ketua Tim Tinjuan Mochamad Asmawi. Namun, yang bersangkutan masih belum memberikan jawaban karena punya agenda pertemuan.