6 Hari Sudah Puasa Berlalu, 60 Kepala Keluarga di Kalideres Kehilangan Tempat Tinggal Setelah Api Membakar Rumahnya

JAKARTA - Sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari 200 jiwa terpaksa kehilangan tempat tinggal setelah kobaran api menghanguskan rumah mereka di Jalan Warung Gantung, Kampung Kojan, RT 002/006, Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat 8 April, malam.

Kobaran api menghanguskan 10 rumah dan 50 petak kontrakan. Laporan kebakaran itu dilaporkan warga ke pos Sudin Gulkarmat Jakarta Barat sekitar pukul 18.45 WIB.

"Operasi pemadaman mulai dilakukan pada pukul 17.51 WIB dan dilokalisir pukul 19.20 WIB. Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan dengan 85 personel petugas," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Sjukri Bahanan kepada wartawan, Jumat 8 April, malam.

Kobaran api yang terus membesar menghanguskan bangunan seluas 1.500 meter persegi. Api baru bisa dipadamkan oleh petugas Gulkarmat pada pukul 20.45 WIB.

"Penyebab diduga akibat korsleting listrik dari kontrakan milik Ibu Lis," ujarnya.

Api dengan cepat merambat lantaran bangunan terdapat bahan-bahan material yang mudah terbakar. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat musibah kebakaran ini.

"Rumah itu dihuni oleh 60 KK dengan 200 jiwa. Akibat kebakaran itu, kerugian ditaksir mencapai Rp1,5 miliar," katanya.