Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol Ternyata Sempat Direvisi, Ini Alasannya

JAKARTA - Pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, terus dilakukan. Dalam pelaksanaannya, ternyata pembangunan lintasan sempat direvisi. Apa Alasannya?

Komite Pelaksana Formula E Jakarta Irawan Sucahyono menjelaskan, Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) atau Federasi Automobil Internasional sempat menilai zona run off belum sesuai standar.

Hal ini merupakan hasil peninjauan FIA yang telah berada di Jakarta sebulan terakhir. FIA pun meminta panitia memperbaiki zona run off demi aspek keselamatan.

Run off adalah area di tiap tikungan sirkuit yang memiliki warna beda dari aspal lintasan. Run off dibuat sebagai penanda yang memudahkan pebalap keluar jalur bisa kembali masuk.

"Yang dievaluasi rute trek run off, soal faktor keselamatannya. FIA hanya menyatakan ada beberapa hal yang mereka ingin adjust di luar treknya. Semua kan tentang hal keselamatan," kata Irawan saat ditemui di kawasan sirkuit, Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 25 Maret.

Titik area sirkuit yang harus diperbaiki berada di tikungan pertama, ketujuh, ketiga belas, dan kedelapan belas. Aspal run off dibuat menjorok keluar lintasan untuk menambah aspek keamanan saat mobil balap listrik itu keluar jalur.

Perbaikan zona run off ini menjadi salah satu penyebab molornya target pengerjaan pembangunan lintasan. Sehingga, target konstruksi yang semula ditetapkan pada akhir Maret menjadi awal April 2022.

"Karena kemarin ditinjau FIA dan ada sedikit perubahan, harus segini-segitu sesuai target yang ditentukan FIA, maka kita ada sedikit kemunduran awal April untuk trek," urai Irawan.

Setelah sirkuit selesai dibangun, PT Jakpro akan memulai pemasangan tribun, paddock atau garasi tim balap, drainase, serta sarana lainnya sampai awal Mei 2022. Sehingga, semua pembangunan sirkuit dan sarana lainnya akan selesai pada bulan Mei mendatang.

Pembangunan sirkuit itu sendiri dimulai sejak 3 Februari 2022. Saat ini, progres pengaspalan sirkuit balapan mobil listrik dari zona 1 sampai 5 sudah mencapai 87 persen. Para pekerja masih melakukan pengerjaan lapisan kedua aspal sirkuit.