Startup MicroLED yang Fokus pada Layanan Kacamata Augmented Reality Diakuisisi Google
JAKARTA - Google baru-baru ini mengakuisisi sebuah perusahaan rintisan atau startup yang berfokus pada pengembangan tampilan panel microLED untuk diaplikasikan di perangkat Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Demikian dilansir Antara.
Nampaknya perusahaan raksasa teknologi ini masih belum menyerah menghadirkan gagasan kacamata pintar yang terkoneksi dengan ruang virtual sehingga mengakuisisi perusahaan Raxium dengan alasan untuk mendorong pengembangan dan teknologi terbaru.
Mengutip GSM Arena, Sabtu, Google pada 2020 juga pernah mengakuisisi perusahaan rintisan yang khusus untuk membuat kacamata AR bernama North.
Akuisisi terbarunya pada Raxium menunjukkan Google belum menyerah dalam hal pengembangan mixed reality atau realita campuran.
Biaya akuisisi Raxium belum diungkap, namun dalam beberapa laporan sebelumnya diperkirakan biaya yang digelontorkan oleh Google mencapai 1 miliar Dolar AS.
Panel microLED mirip dengan OLED karena tidak menggunakan lampu latar, melainkan setiap piksel memancarkan cahayanya sendiri.
Perbedaan dengan OLED adalah pada bahan yang digunakan dalam panel microLED menjanjikan untuk menjadi lebih cerah, lebih hemat energi dan untuk memperbaiki masalah umur panjang (seperti burn-in).
Namun, membuat microLED tidaklah mudah dan membuatnya menjadi perangkat khusus untuk digunakan layaknya kacamata merupakan tantangan besar.
Hal itu karena layar kecil dan ringan sehingga pengembangnya perlu mengisi sebagian besar bidang pandang Anda.
Baca juga:
Raxium mengklaim telah mencapai piksel sekecil 3,5 m, jauh lebih kecil daripada piksel OLED biasa.
Raxium belum memproduksi perangkatnya secara massal maka dari itu jika bisa dikembangkan tentu teknologi ini mungkin yang terbaik untuk saat ini.
Bagaimanapun, Google memang sedang berlomba dengan perusahaan teknologi lainnya seperti Apple dan Meta juga telah mengakuisisi startup yang bergerak di bidang kacamata AR.
Kacamata pintar dinilai berpotensi menggantikan ponsel pintar sebagai cara sebagian besar pengguna berinteraksi dengan dunia digital, namun hingga saat ini konsep itu belum terwujud karena pengembangannya yang menantang. Itulah yang sedang dikejar Google.