EA Hapus Rusia dan Belarusia dari Program E-sports, Gamer Tak Bisa Ikuti  Seri Global Apex Legends

JAKARTA – Electronic Arts Inc (EA) mengumumkan pada Rabu, 16 Maret bahwa mereka akan menghapus Rusia dan Belarus sebagai negara yang memenuhi syarat dari program esports. Ini dilakukan perusahaan penerbit video game itu dalam upayanya menggandakan boikot terhadap negara-negara tersebut setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Gamers dan tim dari Rusia dan Belarusia kini tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Seri Global Apex Legends dan Seri Global EA SPORTS FIFA 22, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Invasi ke Ukraina telah mendorong eksodus perusahaan global keluar dari Rusia. Boikot juga meluas ke olahraga, dengan badan-badan olahraga seperti FIFA dan UEFA menangguhkan tim dan klub nasional Rusia dari sepak bola internasional.

Seperti dilporkan oleh Reuters, awal bulan ini, EA juga menghentikan penjualan gim, konten, dan mata uang virtualnya di Rusia dan Belarusia.

Penerbit video gim permainan "FIFA" ini juga telah menghapus tim nasional Rusia dan semua klub sepak bola Rusia dari judul videogame populernya "FIFA 22".