DPRD Kalteng Minta Infrastruktur Jalan Menuju IKN Dibenahi

PALANGKA RAYA - Ketua DPRD Kalimantan Tengah Wiyatno mengharapkan pembenahan dan peningkatan infrastruktur jalan dari provinsi ini menuju ke lokasi IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk itu, DPRD Kalteng telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi agar pembangunan infrastruktur jalan darat dari beberapa kabupaten di Kalteng menuju ke lokasi IKN menjadi prioritas.

"Kami akan memberikan dukungan sepenuhnya atas pemindahan IKN ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Tentu dukungan tersebut dengan cara mempersiapkan Kalteng sebagai daerah penyangga, baik dari sisi ekonomi dan infrastrukturnya," kata Wiyatno di Palangka Raya dikutip Antara, Kamis, 24 Februari.

Saat ini, menurut dia, sejumlah alternatif jalur yang bisa lebih diperhatikan dan ditingkatkan, yakni dari Palangka Raya ke Kapuas menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan hingga terhubung ke Kaltim.

"Bisa juga jalur dari Palangka Raya ke Barito Timur hingga ke IKN Nusantara, ataupun dari Palangka Raya ke Murung Raya hingga ke IKN," tambah Wiyatno.

Wiyatno mengatakan peningkatan infrastruktur jalan ini juga berkaitan dengan program food estate yang menargetkan Kalteng sebagai lumbung pangan nasional maupun penopang logistik IKN.

Pembangunan infrastruktur jalan darat menuju IKN di Kaltim sangat penting untuk segera dipersiapkan agar dapat memberikan berbagai kemudahan, terutama akses dan mendorong percepatan pembangunan.