Medco Power Milik Konglomerat Arifin Panigoro Bersama PTPS Kembangkan Energi Berbasis Gas dan Energi Bersih di Sulawesi Tengah

JAKARTA - PT Medco Power Indonesia dan PT Pembangunan Sulawesi Tengah (PTPS) bekerja sama mengembangkan energi berbasis gas dan potensi energi terbarukan di Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur Medco Power, Eka Satria menyampaikan perusahaan berkomitmen untuk mendukung pengembangan penyediaan energi berbasis gas dan energi bersih terbarukan demi percepatan pencapaian program pemerintah untuk energi bersih dan ramah lingkungan.

"Dengan nota kesepahaman ini, saya berharap Medco Power dan PTPS dapat bersinergi dalam mendorong kemajuan infrastruktur gas dan energi bersih terbarukan di Sulawesi Tengah," kata Eka dalam keterangan tertulis, Jumat, 4 Februari.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PTPS, Leomirnandi D. Karamoy menyampaikan bahwa MoU ini sejalan dengan tujuan pendirian PTPS, yaitu untuk menumbuhkan dan meningkatkan kegiatan perekonomian daerah yang berdampak luas kepada masyarakat Sulawesi Tengah dan memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah demi kesejahteraan masyarakat.

Medco Power Indonesia didirikan tahun 2004 merupakan produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi. Bergerak di sektor IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia.

Selain aset yang sudah beroperasi, Medco Power sedang mengembangkan PLTP Ijen di Jawa Timur, PLTGU Riau dengan kapasitas 275 MW dan proyek PLTS 2x25 MWp di wilayah Bali serta PLTS Sumbawa dengan kapasitas 26,8 MWp.