Bernilai 290 Juta Dolar AS, PLT Gas Uap Perusahaan Patungan Milik Konglomerat Arifin Panigoro Resmi Beroperasi Secara Komersial
Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Medco Power. (Foto. Dok Antara/Medco Power)

Bagikan:

JAKARTA - PT Medco Power Indonesia Tbk (MEDP) miliki konglomerat Arifin Panigoro memulai operasi komersial Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 MW.

PLTGU itu dioperasikan anak perusahaan Medco Power yakni PT Medco Ratch Power Riau, yang merupakan perusahaan patungan dengan RATCH Group Public Company Limited.

Presiden Direktur Medco Power, Eka Satria menyampaikan, PLTGU Riau merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), yang telah tersambung dengan sistem kelistrikan Sumatra dan akan memperkuat ketahanan listrik serta menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca, khususnya di Provinsi Riau dan Sumatra Bagian Tengah.

"Penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power mendukung Pemerintah Indonesia dalam program pengembangan sosial dan ekonomi, serta mengembangkan portofolio bisnis Gas to Power kami. PLTGU Riau telah membukukan 8,6 juta safe man hours," ungkap Eka dalam keterangan resmi dikutip Selasa, 15 Februari.

PLTGU Riau merupakan pembangkit gas combined cycle berbasis teknologi terkini, memiliki efisiensi tinggi dan memenuhi standar internasional untuk manajemen kualitas lingkungan. Total investasi mencapai 290 juta dolar AS.

Pihak sponsor juga bekerja sama dengan institusi keuangan internasional seperti Asian Development Bank, International Finance Corporation, MUFG Bank dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation. PLTGU Riau mendapatkan penghargaan untuk kategori Proyek Pembangkit Gas dan Proyek Pembangkit Gas Alam dari Asia Power magazine.

CEO MedcoEnergi, Roberto Lorato pun menyampaikan, PLTGU Riau telah mencapai operasi komersial dengan aman dan mengatasi tantangan COVID-19.

"PLTGU Riau merupakan bagian dari strategi kami dalam mengembangkan portfolio rendah karbon dan mencapai emisi Net Zero untuk Scope 1 dan Scope 2 pada 2050 dan Scope 3 pada 2060, mendukung program transisi energi Pemerintah," tambah Roberto.

Medco Power Indonesia didirikan tahun 2004 merupakan produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi. Bergerak di sektor IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3,1 GW di 15 lokasi di Indonesia.

Selain aset yang sudah beroperasi, Medco Power sedang mengembangkan PLTP Ijen di Jawa Timur, PLTGU Riau dengan kapasitas 275 MW dan proyek PLTS 2x25 MWp di wilayah Bali serta PLTS Sumbawa dengan kapasitas 26,8 MWp.