Lantik 8 Kapolda, Kapolri Ingatkan Penanganan COVID-19 dan Pengamanan Pilkada

JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis melantik delapan perwira tinggi (Pati) sebagai Kapolda baru di beberapa daerah. Selain itu, puluhan pati juga mendapat kenaikan pangkat.

Pelantikan dan rotasi jabatan ini teruang pada Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2247/VIII/KEP./2020 dan ST/2248/VIII/KEP./2020 tertanggal 3 Agustus 2020.

"Dilaksanakan sertijab ada 8 kapolda, Asops dan Kadiv TIK Polri sekitar itu. Kemudian terkait kenaikan pangkat Pati Polri ada 10 Irjen ada 12 naik ke Brigjen," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono kepada wartawan, Senin, 31 Agustus.

Dalam pelantikan itu, Kapolri menyampaikan amanat kepada para Kapolda baru terkait penanganan COVID-19 di daerah. Selain itu, ditekankan juga soal pengamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

"Terkait pengamanan Pilkada bulan Desember sudah dekat. Tahapan bulan Desember sudah mulai dan Polri sudah menyiapkan jajaran," kata Awi.

Adapun beberapa Kapolda yang dilantik adalah, Irjen Herry Rudolf Nahak yang dilantik menjadi Kapolda Kalimantan Timur menggantikan Irjen Muktiono.

Kemudian, Irjen Bambang Kristiyono menjadi Kapolda Kalimantan Utara. Dia sebeleumnya menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. 

Irjen R Z Panca Putra menjadi Kapolda Sulawesi Utara; Irjen Merdisyam sebagai Kapolda Sulawesi Selatan yang sebelumnya merupakan Kapolda Sulawesi Tenggara. 

Brigjen Yan Sultra Indrajaya menjadi Kapolda Sulawesi Tenggara, Berikutnya, Kapolda Sulawesi Tengah dijabat oleh Brigjen Abdul Rakhman Baso. 

Selanjutnya, Kapolda NTT ditempati oleh Irjen Lotharia Latif, dan Kapolda Gorontalo dijabat oleh Brigjen Akhmad Wiyagus.