Lantik 8 Kapolda Baru, Kapolri Tekankan 3 Poin Penting
Kapolri Jenderal Idham Azis (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Idham Azis resmi melantik delapan jenderal sebagai Kapolda baru. Dalam pelantikan itu, Idham menekankan tiga arahan penting yang mesti dilakukan.

Arahan itu disampaikan kepada wartawan melalui Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, pertama Kapolri menekanan soal pengamanan dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

"Kapolri menyampaikan beberapa hal terkait perintah kepada para Kapolda yang sudah menjabat agar segera insert dan mempersiapkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan pilkada serentak yang akan direncanakan tanggal 9 Desember 2020," ujar Awi kepada wartawan, Jumat, 20 November.

Kemudian, Kapolri kata Awi, juga memerintahkan semua anggotanya untuk menjaga netralitas. Jika nantinya ada yang terbukti membela salah satu pasangan calon (Paslon), maka sanksi berat akan diberikan.

Terkahir, dalam perintahnya Idham menyoroti soal pengamanan natal dan tahun baru (Nataru). Hal ini menjadi salah satu fokus karena masa pendemi COVID-19 masih terjadi di Indonesia.

Sehingga, pengamanan dan pencegahan penularan menjadi suatu hal yang penting. "Bagaiman pun dalam situasi pandemi COVID-19 ini tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita beragama Nasrani yang merayakan natal dan perayaan malam tahun baru ini menjadi prioritas pengamanan oleh Polri," papar dia.

"Kegiatan pelayanan karena kita dalam masa pandemi COVID-19 kegiatan pemberi bantuan bansos kemudian pemberian masker dan handsanitizer sangat membantu sekali terhadap pencegahanaupun pemutusan peyebaran mata rantai COVID-19," sambungnya mengakhiri.

Adapun delapan Kapolda yang resmi dilantik antara lain:

- Irjen Fadil Imran menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Nana Sudjana.

- Irjen Ahmad Dofiri menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi

- Irjen Putu Jayan Danu Putra Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Bali.

- Irjen Refdi Andri Koorsahli Kapolri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Maluku.

- Irjen Nico Afinta Kapolda Kalsel diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Jatim.

- Irjen Rikwanto Kapolda Malut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Kalsel.

- Irjen Risyapudin Nursin Kakorbinmas Baharkam Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Malut.

- Irjen Albertus Rachmad Wibowo Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. 1 Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru Kapolda Jambi