Tegas, Korea Utara Lakukan Dua Kali Uji Coba Peluncuran Rudal, Presiden joe Biden Jatuhkan Sanksi

JAKARTA - Pemerintahan Amerika Serikat (AS) di bawah Presiden Joe Biden untuk kali pertama menjatuhkan sanksi, dengan program senjata Korea Utara yang menjadi sasaran setelah negara itu melakukan dua kali uji coba peluncuran rudal sejak pekan lalu.

Sanksi tersebut menargetkan enam warga Korea Utara, satu orang Rusia dan satu perusahaan Rusia yang menurut Washington bertanggung jawab atas pengadaan barang untuk program tersebut dari Rusia dan China.

Departemen Keuangan AS mengatakan, langkah-langkah tersebut bertujuan untuk mencegah kemajuan program Korea Utara, sekaligus guna menghambat upayanya untuk mengembangkan teknologi senjata.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden tidak berhasil melibatkan Pyongyang dalam dialog, untuk membujuknya agar menyerahkan bom nuklir dan misilnya sejak menjabat pada Januari tahun lalu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan, Washington tetap berkomitmen untuk melakukan diplomasi dengan Korea Utara.

"Apa yang telah kami lihat dalam beberapa hari terakhir, hanya menggarisbawahi keyakinan kami, jika kami ingin membuat kemajuan, kami perlu terlibat dalam dialog itu," jelasnya dalam jumpa pers reguler, mengutip Reuters 13 Januari.

Price tidak menjawab ketika ditanya mengapa tidak ada individu atau entitas China yang menjadi sasaran, atau secara khusus ketika ditanya apakah China dan Rusia cukup melakukan tindakan untuk menegakkan sanksi, tetapi menekankan pentingnya semua negara PBB melakukannya, sambil menambahkan: "Jelas kami belum melakukannya. melihat semua itu."

Uji coba peluncuran rudal hipersonik Korea Utara. (Sumber: KCNA)

Tindakan Hari Rabu membekukan aset terkait AS dari mereka yang ditargetkan dan melarang semua transaksi dengan mereka.

Departemen Keuangan mengatakan sanksi itu mengikuti enam peluncuran rudal balistik Korea Utara sejak September, yang masing-masing melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, Wakil Menteri Menteri Keuangan untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan Brian Nelson mengatakan, langkah tersebut menargetkan "penggunaan terus menerus perwakilan luar negeri Korea Utara untuk mendapatkan barang secara ilegal untuk senjata."

Peluncuran terbaru Korea Utara adalah "bukti lebih lanjut mereka terus memajukan program-program terlarang, meskipun ada seruan masyarakat internasional untuk diplomasi dan denuklirisasi," kata Nelson dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan, Departemen Luar Negeri telah menandai Choe Myong Hyon yang berbasis di Rusia, warga negara Rusia Roman Anatolyevich Alar dan perusahaan Rusia Parsek LLC untuk "kegiatan atau transaksi yang secara material berkontribusi pada proliferasi senjata pemusnah massal atau alat pengirimannya. "

Dikatakan Choe Myong Hyon, perwakilan dari Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Kedua Korea Utara (SANS) yang berbasis di Vladivostok, telah bekerja untuk mendapatkan peralatan terkait telekomunikasi dari Rusia.

Sementara, empat perwakilan organisasi bawahan SANS Korea Utara yang berbasis di China, Sim Kwang Sok, Kim Song Hun, Kang Chol Hak dan Pyon Kwang Chol, dan satu orang Korea Utara yang berbasis di Rusia, O Yong Ho, juga menjadi sasaran.

Sim Kwang Sok, yang berbasis di Dalian, telah bekerja untuk mendapatkan paduan baja dan Kim Song Hun, yang berbasis di Shenyang, mendapatkan perangkat lunak dan bahan kimia, kata Departemen Keuangan.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan, setidaknya antara tahun 2016 dan 2021, O Yong Ho telah bekerja dengan Parsek LLC dan Alar, direktur pengembangan perusahaan, untuk pengadaan beberapa barang dengan aplikasi rudal balistik, termasuk benang Kevlar, aramid serat, oli penerbangan, bantalan bola dan mesin penggilingan presisi.

Menlu Blinken mengatakan, Alar juga memberi O Yong Ho instruksi untuk membuat campuran bahan bakar roket padat.

"Hubungan pengadaan dan pasokan antara O Yong Ho, Roman Anatolyevich Alar, dan Parsek LLC adalah sumber utama barang dan teknologi yang dapat diterapkan rudal untuk program rudal DPRK (Korea Utara)," sebut pernyataannya.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersama sang adik Kim Yo-jong dan pejabat lainnya saat menghadiri uji coba peluncuran rudal hipersonik Korea Utara. (Sumber: KCNA)

Dikatakan juga bahwa O Yong Ho telah bekerja untuk mendapatkan barang-barang termasuk serat aramid, tabung baja tahan karat dan bantalan bola dari "negara ketiga" yang tidak disebutkan namanya.

Terpisah, Misi Korea Utara untuk PBB, Rusia dan kedutaan besar China di Washington dan perusahaan Rusia tidak menanggapi permintaan komentar.

Untuk diketahui, media Korea Utara mengatakan pemimpin Kim Jong Un mengamati uji coba rudal hipersonik pada Hari Selasa, yang kedua dalam waktu kurang dari seminggu setelah dia bersumpah dalam pidato Tahun Baru untuk mendukung militer dengan teknologi mutakhir.

Uji coba hari Selasa dilakukan beberapa jam setelah misi AS untuk PBB, yang diikuti oleh Albania, Prancis, Irlandia, Jepang, dan Inggris, mengutuk peluncuran pekan lalu dan meminta negara-negara bagian PBB untuk memenuhi kewajiban sanksi.

Adapun Resolusi PBB melarang uji coba rudal balistik dan nuklir Korea Utara serta menjatuhkan sanksi.

Anthony Ruggiero, pakar sanksi di pemerintahan mantan Presiden Donald Trump yang gagal membujuk Kim untuk menghentikan program nuklirnya, meskipun ada keterlibatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, menyebut sanksi baru itu "awal yang baik."

Namun, dia mengatakan pemerintahan Biden telah mengizinkan pembalikan tekanan sanksi dan menambahkan: "Presiden Biden perlu melanjutkan penunjukan untuk meningkatkan tekanan pada rezim Kim Jong-un."