Southampton Naik ke Posisi 11 Usai Bantai Brentford 4-1

JAKARTA - Southampton sukses naik ke urutan sebelas di klasemen sementara Liga Inggris 2021/2022 usai membantai Brentford 4-1. Momen apik itu diraih tim asuhan Ralph Hasenhutll di laga tunda pekan ke-18 di Stadion St. Mary.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Rabu 12 Januari dini hari WIB, Southampton selaku tuan rumah berhasil membuka keunggulan lebih dulu. Bukan cuma itu, mereka mampu mengagetkan lawan lewat gol yang tercipta pada menit ke-4 oleh bek asal Denmark Jan Bednarek yang memanfaatkan umpan dari James Ward-Prowse.

Tertinggal satu gol, Brentford bereaksi untuk menciptakan gol balasan yang menbuat skor imbang 1-1. Gol pertama untuk Brentford itu dibuat lewat eksekusi Vitaly Janelt pada menit ke-23.

Setelah memberi kesempatan tim tamu untuk mengejar ketertinggalan, Southampton kembali tancap gas untuk mencetak gol lebih banyak lagi. Keberuntungan kali ini berpihak pada tuan tumah, sebab gol kembali tercipta tapi kali ini lewat gol bunuh diri yang dilakukan pemain Brentford di menit ke-37.

Sumbangan gol untuk Southampton itu berawal dari tendangan Ibrahima Diallo di luar kotak penalti. Bola yang memantul ke tiang dan terkena tangan dari kiper Alvaro Fernandez justru masuk ke gawang Brentford dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah sekaligus bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Southampton kembali menggempur pertahanan tim tamu. Mereka terus main dengan pola menekan yang berbuah pada momen tambahan gol. Southampton kembali mencatatakan nama pemain lain di papan skor.

Kali ini gol berubah 3-1 lewat eksekusi penyerang Armando Broja saat paruh kedua baru berjalan empat menit. Gol itu dibuat Broja dengan memanfaatkan umpan terobosan yang dilepaskan oleh Oriol Romeo dengan melepaskan tembakan ke pojok gawang Brentford.

Gol penutup Southampton di laga dini hari tadi jelas menjadi pukulan telak untuk Brentford yang harus pulang dengan kekalahan 1-4. Sebelum laga usai, gawang The Bers dikoyak lewat eksekusi Che Adams pada menit ke-70.

Dengan kemenangan ini, Southampton untuk sementara berada di peringkat 11 klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 24 poin dari 20 pertandingan. Sedangkan sang lawan, Brentford, masih tertahan di posisi 13 dengan torehan 23 poin.