Dragan Solak, Pemilik Baru Southampton yang Punya Kekayaan Rp32,4 Triliun dan 3 Jet Pribadi

JAKARTA - Pemilik perusahaan telekomunikasi United Group, Dragan Solak menyelesaikan akuisisi 80 persen saham Southampton pasa Selasa kemarin.

Miliarder Serbia itu mengakuisisi Southampton dalam kesepakatan senilai 100 juta poundsterling (Rp1,9 triliun) dari pengusaha Cina Gao Jisheng yang membeli 80 persen saham klub ini pada Agustus 2017.

"Southampton memiliki begitu banyak kualitas yang kami cari di sebuah organisasi olahraga besar," kata Solak seusai mengambil alih The Saints, dikutip dari Daily Mail, Kamis, 6 Januari.

"Klub ini memiliki tim manajemen yang hebat, pengembangan bakat yang luar biasa, tim berbakat yang memainkan sepak bola yang menarik dan basis penggemar yang berdedikasi," lanjut dia.

Sesungguhnya, siapa Dragan Solak? Lahir pada 1964, Solak mendirikan perusahaan telekomunikasinya pada tahun 2000 dan mengubahnya dari operator kabel di Serbia menjadi pemimpin regional.

Perusahaan ini memberikan layanan di delapan negara di mana salurannya memiliki hak TV atas Liga Premier.

Solak adalah penggemar berat golf dan telah mendirikan perusahaan bernama Eligo, yang menyediakan lapangan golf eksklusif bagi pelanggan.

Menurut situs United Group, perusahaan yang dimiliki Solak meraup pendapatan lebih dari 1,67 miliar poundsterling (Rp32,4 triliun) per tahun.

Sementara menurut media Serbia, Solak dianggap sebagai miliarder pertama di negara itu yang memiliki rumah mewah di dekat Danau Jenewa.

Bukan cuma itu, dia juga punya tiga jet pribadi.