Cek Kecepatan Jaringan di MacOS Monterey dengan Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

YOGYAKARTA - Apple secara resmi merilis Macebook terbarunya yakni MacOS Monterey, yang memiliki beragam fitur menarik yang bisa digunakan untuk beragam keperluan pengguna.

Selain fitur baru, MacOS Monterey juga mengupdate sejumlah layanan agar performa perangkat mereka menjadi lebih cepat dan stabil, salah satunya adalah kemampuan menangkap jaringan internet.

Pengguna pun bisa mengecek berapa kecepatan jaringan internet yang dihasilkan setelah perangkat Anda terhubung dengan salah satu jaringan WiFi di sekitar Anda.

Dengan demikian, pengguna MacOS Monterey tidak perlu menambah aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui kecepatan internet di perangkat Anda.

Oleh karena fitur tersebut tergolong baru, banyak pengguna MacOS Monterey yang mungkin belum mengetahuinya. Karenanya, di bawah ini tim VOI telah menyusun langkah-langkah untuk mengetahui cara cek kecepatan jaringan internet di perangkat Anda tanpa aplikasi tambahan.

Cara Cek Kecepatan Internet di MacOS Monterey

MacOS Monterey memiliki fitur bernama Terminal yang berfungsi untuk mengecek kecepatan jaringan internet di perangkat Anda. Dengan fitur tersebut Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, akurasi kecepatan internet menggunakan Terminal di perangkat Apple juga lebih akurat, dibanding dengan aplikasi pihak ketiga. Tidak hanya itu, dengan Terminal, pengguna tidak perlu melihat iklan yang menumpuuk.

Untuk menggunakan fitur tersebut di MacOS Montere, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi Terminal di perangkat Anda, kemudian klik Networkquality pada menu yang tersedia dan klik Enter di keyboard Anda.

Setelah itu, Terminal akan melakukan pengujian kecepatan internet secara otomatis di perangkat Anda. Proses pengujian kecepatan internet akan berlangsung selama 15 detik.

Setelah pengujian selesai dilakukan, pengguna akan melihat hasil dari pemeriksaan kecepatan Upload dan Download di perangkat Anda, sehingga Anda dapat mengetahui kualitas internet yang digunakan.

Pada bagian akhir ringkasan hasil pengujian kecepatan internet, pengguna akan ditunjukkan responsiveness dengan 3 status yaitu, low, medium, dan high.

Low berarti layanan internet yang digunakan memiliki kecepatan internet buruk, sehingga mengganggu aktivitas download, video-call, atau aktivitas lainnya di MacOS yang membutuhkan internet.

Medium berarti layanan internet yang digunakan memiliki kecepatan internet menengah yang berpotensi meyebabkan lag saat melakukan video call atau aktivitas semacamnya.

High berarti layanan internet yang Anda gunakan memiliki kecepatan jaringan yang baik, sehingga pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas menggunakan MacOS dengan mudah.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kecepatan jaringan internet menggunakan MacOS Monterey. Pengguna dapat menyalakan aplikasi Terminal untuk mengetahuinya.