Apple Setop Penjualan iPhone XR dan 11 Pro Usai Peluncuran iPhone 12

JAKARTA - Tak lama lagi Apple akan merilis iPhone 12, sekitar dua bulan lagi. Setelah itu, Apple dikabarkan akan menghentikan produksi dan penjualan untuk iPhone XR dan iPhone 11 Pro. 

Berita ini berasal dari pengguna Twitter @iAppleTimes yang men-tweet, kedua ponsel tersebut akan dihentikan setelah peluncuran iPhone 12, dan juga Apple akan mengurangi harga iPhone 11 sebanyak 150 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp2,1 juta.

Penghentian produksi iPhone tidak mengherankan sebenarnya menurut Tech Radar, Selasa 25 Agustus, mengingat Apple pernah memiliki rekam jejak diam-diam membunuh iPhone lama saat peluncuran iPhone terbaru.

Selama iPhone 11 diluncuran waktu itu, iPhone XS dan XS Max keduanya dihentikan produksinya. Biasanya, Apple hanya menyimpan beberapa jenis iPhone, meskipun pengecer pihak ketiga masih memilki stok yang banyak.

Seperti yang saat ini terjadi, penjualan iPhone SE (2020) yang diluncurkan oleh Apple awal tahun ini jauh lebih kuat daripada iPhone XR, dan lebih terjangkau, masuk akal bagi perusahaan untuk meninggalkan iPhone yang diluncurkan pada 2018. Namun, tentu saja hal ini perlu dipastikan atau hanya sekadar rumor belaka.

Bocoran Desain Terbaru iPhone 12

Mengutip laporan BGR, selama beberapa bulan terakhir banyak spekulasi mengenai desain iPhone 12 Pro Max, bukan yang versi standar. Jajaran iPhone 12 dikatakan akan menampilkan beberapa fitur kamera canggih.

Seperti terdapat peningkatan stabilisasi gambar, peningkatan zoom optik, kinerja kamera pada cahaya rendah yang lebih baik dan skema kamera tiga lensa dengan sensor LiDAR.

Rumor back case iPhone 12 (dok. Reddit)

Belum lama ini, seorang pengguna di Reddit memposting gambar yang pada dasarnya terlihat seperti iPhone 11 Pro Max. Penempatan sensor LiDAR yang membuat posisi mikrofon sedikit ke kanan. iPhone 12 Pro Max dikabarkan sedikit lebih tinggi diameter ponselnya dan lebih lebar dari iPhone 11 Pro Max. Kemungkinan juga memiliki bezel yang lebih kecil.

Kendati demikian, berdasarkan sejumlah laporan yang dapat dipercaya, jajaran iPhone 12 Apple akan mencakup layar 6,1 inci dan 6,7 inci model Pro dan perangkat kelas standar dengan layar 6,1 inci dan 5,4 inci. Semuanya akan mengadopsi layar berbasis OLED.