Khawatir Penyebaran Omicron  Meta, Twitter dan Pinterest Batal Hadir di CES

JAKARTA – Perusahaan Induk Facebook, Meta Platforms Inc, Twitter Inc dan Pinterest Inc  secara terpisah mengatakan pada Selasa 21 Desember bahwa mereka tidak akan mengirim tim ke Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas bulan depan karena kekhawatiran perkembangan adanya varian Omicron dari coronavirus yang terus menyebar.

Perusahaan tersebut juga tidak merencanakan pertemuan langsung yang besar di acara itu.

“Karena kehati-hatian dan kepedulian yang berlebihan terhadap karyawan kami, kami tidak akan menghadiri CES secara langsung karena masalah kesehatan masyarakat yang berkembang terkait dengan COVID-19,” kata Meta seperti dikutip Reuters.

Twitter telah merencanakan agar beberapa karyawan hadir untuk berpartisipasi dalam panel, tetapi mengatakan telah membatalkan kehadirannya secara langsung dan sedang menjajaki peluang virtual apa yang mungkin.

Pinterest, yang telah merencanakan area pertemuan yang diperkecil untuk penjualan dan tim mitranya dari tahun-tahun sebelumnya, mengatakan telah membuat keputusan akhir untuk membatalkan.

CES di masa lalu telah menarik lebih dari 180.000 orang dari seluruh dunia ke serangkaian kasino dan ruang konvensi yang luas di Las Vegas, yang berfungsi sebagai pameran tahunan tren dan gadget baru di industri teknologi.

Asosiasi Teknologi Konsumen, yang menjalankan CES, mengatakan pada Selasa lalu bahwa pameran tersebut akan berlangsung dari 5 Januari hingga 8 Januari. Tindakan pencegahan kesehatan akan mencakup persyaratan vaksinasi, penggunaan masker, dan ketersediaan tes COVID-19, kata asosiasi tersebut.

Banyak perusahaan termasuk Qualcomm Inc, Sony Electronics  dan Alphabet Inc Google dan unit kendaraan self-driving Waymo mengatakan mereka bergerak maju untuk saat ini dengan rencana untuk menghadiri dan memamerkan produk baru dan perangkat keras atau menjadi tuan rumah pertemuan.

General Motors Co  mengatakan pada Selasa bahwa Chief Executive Mary Barra masih dijadwalkan untuk memperkenalkan truk pikap listrik Silverado dari pabrik mobil AS itu dan membahas strategi perusahaan secara langsung pada konferensi pada 5 Januari.

Perusahaan lain telah lama merencanakan kehadiran virtual, di antaranya pembuat chip Nvidia Corp, yang meminta dua eksekutif menyampaikan pidato utama melalui video.