Jarang Digunakan, Nonaktifkan dan Hapus Ekstensi di Google Chrome Anda dengan Cara Ini

YOGYAKARTA - Google Chrome memiliki fitur ekstensi yang dapat digunakan untuk menambahkan fungsi peramban Anda, seperti memblokir iklan pop-up atau hal lain untuk membantu kinerja Anda dalam menggunakan internet.

Untuk mengaktifkan fitur ekstensi di Google Chrome pengguna hanya perlu mencari menu ekstensi di peramban Anda kemudian instal. Dengan begitu, fitur tersebut akan berjalan di peramban Anda.

Letak fitur ekstensi sendiri berada di pojok kanan atas peramban Google Chrome disamping menu profil, berupa ikon puzzle. Ekstensi yang sudah terinstall akan muncul disamping ikon puzzle tersebut.

Namun, bagi sejumlah pengguna fitur ekstensi di Google Chrome dirasa mengganggu, sehingga ingin menonaktifkan, bahkan menghapusnya dari peramban Anda.

Hal dikarenakan ekstensi yang terlalu banyak dapat menghambat kinerja dari perangkat Anda. Oleh karenanya, jika sudah tidak digunakan, pengguna dapat menonaktifkannya atau bahkan menghapusnya.

Untuk menonaktifkan atau menghapus ekstensi pun sangat mudah, jika Anda belum tahu, maka dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Nonaktif dan Hapus Ekstensi

Untuk menonaktifkan fitur ekstensi di peramban Google Chrome Anda, pengguna dapat membuka aplikasi di perangkat komputer atau laptop, kemudian klik menu ekstensi berupa ikon puzzle yang ada di pojok kanan atas.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih menu Manage Extentions, dan Anda akan diarahkan ke halaman ekstensi. Anda akan melihat semua fitur ekstensi yang ada di perangkat Google Chrome yang sudah Anda unduh dan install.

Untuk menonaktifkan ekstensi yang muncul di menu tersebut, pengguna dapat memilih salah satu fitur ekstensi yang ada kemudian klik ikon toggle yang ada di bawah fitur ekstensi.

Dengan demikian, fitur ekstensi tersebut akan berhenti beroperasi di perangkat Google Chrome Anda dan tidak muncul di halaman utama browser.

Sementara itu, untuk meremove atau menghapusnya dari peramban Google Chrome, pengguna dapat memilih kolom hapus di bagian bawah fitur ekstensi.

Akan muncul notifikasi yang berisi pertanyaan apakah Anda benar-benar ingin menghapus ekstensi tersebut, dan pengguna dapat klik Ok jika yakin untuk menghapus ekstensi.

Dengan demikian ekstensi yang Anda hapus akan menghilang dari menu ekstensi dan tidak akan muncul pada bagian pojok kanan atas peramban Google Chrome Anda.

Itu tadi cara yang dapat Anda gunakan untuk menonaktifkan ekstensi dari halaman Google Chrome Anda, atau bahkan menghapusnya jika tidak ingin menggunakannya lagi.