Susul PDIP dan Nasdem, Demokrat Serahkan Daftar Kepengurusan ke KPU

JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat menyerahkan daftar kepengurusan daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang mengikuti kontestasi Pilkada 2020.

Seminggu sebelumnya, Demokrat sudah mulai menyerahkan daftar kepengurusan DPP, DPD, dan DPC yang ikut serta dalam pilkada, namun saat itu daftar belum lengkap dan baru dilengkapi hari ini.

"Kami mewakili Ketua Umum Partai Demokrat, Pak Agus Harimurti Yudhoyono, untuk memberikan semua dokumen terkait kepengurusan dokumen DPP, DPD dan DPC seindonesia yang mengikuti pilkada," kata Sekjen Partai Demokrat Teuku Rifky di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Agustus.

Dalam menyerahkan dokumen kepengurusan partai, Teuku didampingi oleh Bendahara Umum, Direktur Eksekutif, Wakil Direktur Eksekutif, dan Anggota Fraksi Demokrat DPR RI Wahyu Sanjaya.

Teuku menyebut bahwa data terbaru kepengurusan Partai Demokrat juga telah 100 persen diunggah pada sistem informasi partai politik (sipol) KPU. 

Teuku berharap, keterbukaan data dalam sipol bisa membantu dan meningkatkan kerja sama antara Partai Demokrat dengan jajajaran penyelenggara pemilu.

"Kami telah meng-upload 100 persen data yang diperlukan di Sipol, dan kami akan terus kerja sama dengan KPU. Kami  siap mempermudah komunikasi pada saatnya nanti," ungkap dia.

Teuku menyebut pihaknya memahami bahwa Pilkada 2020 adalah penyelenggaraan proses demokrasi yang lebih berat dari pemilu sebelumnya karena diselenggarakan saat wabah COVID-19 melanda dunia dan Indonesia.

"Ini mendoakan para petugas KPU seluruh Indonesia diberikan kesehatan dan menjalan protokol COVID-19, serta memberi contoh dan sosialisasi kebijakan baru pilkada di era pandemi," jelas dia.

Melanjutkan, Ketua KPU RI Arief Budiman mengapresiasi kunjungan DPP Partai Demokrat secara langsung untuk menyerahkan daftar kepengurusan partai tingkat daerah. 

"Mudah-mudahan data ini, nanti pada waktunya yakni tanggal 4 sampai 6 (September) bisa digunakan untuk memproses pendaftaran pasangan calon bagi KPU," ungkap Arief.

Sampai saat ini, telah ada 3 partai politik peserta Pilkada 2020 yang telah menyerahkan dokumen kepengurusan. Di antaranya PDI Perjuangan, Nasdem, dan Demokrat.