Aktivis Palestina Tuduh Facebook dan Instagram Bungkam Suara Mereka, Ini Alasannya

JAKARTA - Aktivis Palestina berpendapat Facebook dan platform media sosial lainnya telah menyensor kritik terhadap Israel sebagai tanggapan atas tekanan pemerintah. Mereka bahkan meluncurkan kampanye yang berusaha untuk menghentikan aktivitas tersebut.

Warga Palestina mengeluh bahwa postingan politik mereka dihapus atau diturunkan terutama oleh Facebook dan Instagram, yang dimiliki Facebook.

Organisasi hak digital 7amleh meluncurkan situs web bernama 7or pada hari Senin untuk menarik perhatian pada posisinya, mengatakan telah mendokumentasikan 746 pelanggaran hak pada tahun 2021 sejauh ini.

"Kami melihatnya sebagai perang terhadap narasi Palestina, sebagai upaya untuk membungkam mereka berbicara tentang penindasan dan penderitaan mereka," kata pendiri 7amleh, Nadim Nashif.

Facebook menanggapi permintaan komentar dengan merujuk pada pekerjaan Dewan Pengawas independennya. Dewan meminta pada bulan September untuk memoderasi konten bahasa Arab dan Ibrani untuk ditinjau karena potensi bias. Perusahaan mengatakan akan menerapkan rekomendasi dari tinjauan itu.

Selama perang Mei lalu, antara Israel dan militan Palestina di Gaza, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mendesak para eksekutif Facebook untuk lebih proaktif dalam menghapus konten dari "elemen ekstremis yang berusaha merusak negara kita."

Dokumen internal Facebook yang dilihat oleh Reuters menunjukkan bahwa anggota staf menyatakan keprihatinan atas penurunan jabatan oleh aktivis dan penulis Palestina, Mohammed El-Kurd.

El-Kurd mengatakan pandangan dari postingannya di Instagram, di mana ia memiliki 744.000 pengikut, menurun secara dramatis selama protes Palestina pada bulan Mei di Sheikh Jarrah, sebuah lingkungan Yerusalem di mana orang-orang Palestina berisiko kehilangan rumah mereka karena pemukim Yahudi.

"Saya telah lama mencurigai pembungkaman akun saya yang tidak berdasar ini. Pemerintah Israel jelas terancam oleh suara-suara Palestina," kata El-Kurd.

Pengguna media sosial Tala Ghannam mengatakan postingannya telah dihapus dari Facebook dan Instagram karena melanggar pedoman komunitas, terutama yang diberi tag "#SaveSheikhJarrah" untuk mendukung keluarga Palestina yang berisiko diusir.

"Saya merasa pada saat itu bahwa saya tidak memiliki hak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi," kata Ghannam.