Cara Meningkatkan Penjualan dengan Promo di Aplikasi TikTok, UMKM Wajib Tahu!
Cara Meningkatkan Penjualan dengan Promo di Aplikasi TikTok, UMKM Wajib Tahu! (mainmain)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi TikTok dapat dijadikan salah satu media untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda miliki, dengan mempromosikannya di dalam aplikasi.

Tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar, produk-produk UMKM pun dapat melakukan promosi di aplikasi TikTok dengan budget yang disesuaikan dengan kemampuan perusahaan atau UMKM.

Salah satu tips yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan produk di TikTok adalah membuat konten yang menyenangkan dan related dengan calon pembeli. Oleh karena itu, Anda harus menentukan terlebih dahulu audiens yang disasar sebelum melakukan promosi di TikTok.

Adaun tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi di aplikasi TikTok adalah sebagai berikut.

Go Back to Basic

Seperti dijelaskan sebelumnya, Anda harus menetukan terlebih dahulu calon pembeli produk Anda terlebih dahulu. Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan dengan membuat survei atau studi pustaka di internet.

Setelah menentukan calon pembeli produk, Anda dapat membuat konten yang menarik, atau membayar konten kreator untuk mempromosikan produk Anda. Dalam hal ini, Anda harus memperhitungkan budget yang dimiliki untuk membayar konten kreator.

Oleh karenanya, membuat konten produk Anda secara mandiri lebih disarankan karena tidak membutuhkan lebih banyak biaya.

Hashtag

Setelah menentukan audiens, langkah selanjutnya adalah membuat konten promosi Anda dilihat oleh banyak pengguna TikTok. Jika Anda menggunakan jasa konten kreator, hal tersebut akan diurus oleh pembuat konten, namun apabila Anda melakukannya secara mandiri, maka hastag yang digunakan dalam postingan Anda sangat penting.

Salah satu cara paling mudah adalah mengikuti hastag yang sedang merajai trending topik atau viral. Selain itu, Anda juga membuat tag mengenai produk Anda.

Live Stream

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan produk di TikTok adalah melakukan live streaming. Anda pun dapat mengajak penonton Anda untuk membeli produk yang Anda jual untuk di masukkan ke dalam keranjang belanja.

Sebagai catatan, TikTok saat ini sudah bisa melakukan transaksi jual beli menggunakan aplikasi dengan menggunakan fitur TikTok Shop.

Buat Konten yang Memiliki Ciri Khas

Jenis konten yang digunakan untuk promosi produk di TikTok sangat penting. Menurut penelitian, terdapat 3 konten yang paling banyak disukai oleh pengguna TikTok yakni:

- konten yang mengandung unsur kebahagiaan

- konten yang dapat membuat penontonnya terhubung antara individu satu dengan lainnya.

- memberikan edukasi dan dorongan menghadapi situasi sulit, terutama di masa pandemi.

Demikianlah tips yang dapat Anda coba untuk mempromosikan produk yang Anda jual menggunakan aplikasi TikTok dan wajib dicoba untuk pemilik UMKM.