YOGYAKARTA - Service crew adalah divisi yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Pada umumnya, service crew bekerja di hotel, industri makanan dan minuman seperti resto atau cafe, dan lain sebagainya.
Tugas dan tanggungjawab service crew yaitu menerima tamu dengan baik, serta memberikan informasi lengkap kepada konsumen. Dalam menjalankan tugasnya, seorang service crew harus pintar dalam menangani persoalan yang sedang dihadapi di lapangan.
Service Crew adalah Steward: Peran Penting bagi Pelanggan
Dikutip dari buku Service Crew: The Inside Story of Leeds United's Hooligan Gangs karya Caroline Gall (2009), service crew merupakan sekelompok individu yang bekerja di industri perhotelan, restoran, atau kafe dan bertanggung jawab atas pelayanan kepada pelanggan.
Mereka memegang peranan penting dalam menghadirkan pengalaman positif bagi pelanggan dengan memastikan bahwa layanan yang diberikan sudah efisien, ramah, dan profesional. Service crew biasanya terdiri dari berbagai posisi, antara lain barista, pelayan, kasir, dan staf dapur.
Apa Saja Tugas Utama Service Crew?
Di bawah ini adalah tugas dari seorang service crew yang dapat kita ketahui:
Menyambut dan mengarahkan pelanggan
Salah satu tugas utama service crew yaitu memberi sambutan kepada pelanggan ketika mereka tiba. Seperti yang kita ketahui, sambutan yang ramah dan hangat dapat memunculkan kesan pertama yang positif.
Selain itu, mereka juga wajib mampu mengarahkan pelanggan ke meja yang tersedia dan memastikan mereka merasakan kenyamanan.
Menyajikan menu dan menjelaskan hidangan
Service crew memiliki tanggung jawab untuk memberikan menu kepada pelanggan dan memberikan penjelasan mengenai hidangan atau minuman yang ditawarkan.
Selain itu, mereka juga harus siap memberikan rekomendasi sesuai dengan selera pelanggan dan memberikan jawaban terhadap pertanyaan mengenai bahan atau cara penyajian.
Mengambil pesanan
Setelah pelanggan menentukan hidangan, service crew harus mengambil pesanan dengan hati-hati, dan juga memastikan bahwa semua detail sudah dicatat dengan benar agar tidak terjadi kesalahan. Pesanan ini selanjutnya dilanjutkan ke dapur atau bar untuk diproses.
Menyajikan makanan dan minuman
Ketika pesanan sudah siap, service crew wajib menyajikan makanan dan minuman ke meja pelanggan dengan cara yang rapi dan sopan.
Mereka juga harus memastikan bahwa semua kebutuhan pelanggan sudah terpenuhi, misalnya tambahan saus, minuman isi ulang, atau peralatan makan tambahan.
Mengelola pembayaran
Setelah pelanggan sudah selesai makan, service crew juga harus menangani proses pembayaran. Di antaranya termasuk membawa tagihan, menerima pembayaran tunai atau kartu, dan memberikan kembalian atau tanda terima.
Gaji Service Crew
Gaji service crew di Indonesia tentunya bervariasi. Tergantung pada perusahaan dan wilayah kerja. Di bawah ini adalah perkiraan gaji service crew yang bekerja di Indonesia:
- Gaji rata-rata untuk crew restaurant di Indonesia adalah Rp3.119.042 per bulan.
- Gaji rata-rata untuk crew restaurant di Jakarta adalah Rp3.730.401 per bulan.
SEE ALSO:
Namun, hal yang perlu diingat juga bahwa gaji bisa berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor penunjang lainnya, seperti pengalaman kerja, keterampilan, dan tanggung jawab pekerjaan.
Demikianlah ulasan tentang service crew, tugas utama, dan perkiraan gaji yang bisa didapatkan. Semoga bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.
The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)