PURWOKERTO - RSUD Prof Dr Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto mulai melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 13 bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dari enam kabupaten di Jawa Tengah bagian selatan.

Dalam konferensi pers di Unit Geriatri RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu, Wakil Direktur Pelayanan dan Kerja Sama RSMS Purwokerto Lucas Pedro Benardo Tahapary mengatakan pihaknya dipercaya sebagai salah satu fasilitas kesehatan yang memeriksa kesehatan para bakal calon bupati dan wakil bupati.

"Penunjukan ini berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Ini yang pertama kalinya RSMS melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon kepala daerah," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, 13 bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang menjalani pemeriksaan kesehatan tersebut berasal dari Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, dan Wonosobo.

Terkait dengan hal itu, katanya, pihaknya menyiapkan tim yang diketuai dr Yunanto Dwi Nugroho, Sp.PD., KGH melibatkan 38 dokter spesialis.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga menyiapkan tim untuk pemeriksaan fisik dan pemeriksaan bebas dari narkoba bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas.

"Tujuan pemeriksaan ini untuk memastikan para bakal calon pemimpin dalam kondisi yang sehat, sehingga dapat memimpin masyarakat di daerah masing-masing," katanya.

Sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (31/8) dan Minggu (1/9), kata dia, seluruh bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati menjalani rawat inap di Unit Geriatri RSMS Purwokerto agar mereka dalam kondisi prima saat menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan.

Setelah seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan berakhir, kata dia, pihaknya akan menggelar rapat pleno yang dijadwalkan pada hari Selasa (3/9) untuk memberikan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing kabupaten.

"Apakah pasangan calon ini fit atau unfit, layak atau tidak layak," kata Pedro.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Kabupaten Banyumas Rofingatun Khasanah mengatakan pihaknya pada pagi ini menyerahkan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyumas kepada tim medis untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Setelah ini akan dilakukan prosesi pemeriksaan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyumas yang dimulai dengan tes urine dan tahapannya berakhir esok hari, 1 September 2024," katanya.

Tiga belas bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang menjalani pemeriksaan kesehatan terdiri atas pasangan Sadewo Tri Lastiono-Dwi Asih Lintarti dari Banyumas serta pasangan Dyah Hayuning Pratiwi-Mahendra Farizal dan pasangan Fahmi Muhammad Hanif-Dimas Prasetyahani dari Purbalingga.

Selanjutnya, pasangan Awaluddin Muuri-Vicky Veranita Yudhasoka (Vicky Shu), pasangan Syamsul Aulia Rachman-Ammy Amalia Fatma Surya, pasangan Imam Tobroni-Mohamad Sonhaji, dan pasangan Setyo Budi Wibowo-Fahrur Rozi dari Cilacap.

Kemudian, pasangan Amalia Desiana-Wakhid Jumali dan pasangan Bugar Wijiseno-Fahmi Umar Irawan dari Banjarnegara, pasangan Afif Nurhidayat-Amir Husein dan pasangan Khairullah Al Mujtaba-Sidqi Ferin Diana dari Wonosobo, serta pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih dan pasangan Lilis Nuryani-Zaeni Miftah dari Kebumen.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)