PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi percontohan sistem sewa kendaraan dinas bagi kabupaten dan kota dalam wilayah Sumatera Selatan.

"Dinilai berhasil dalam penerapan sistem sewa kendaraan dinas operasional, Kabupaten Muba baru-baru ini dikunjungi oleh jajaran Pemkab Muara Enim dalam rangka kaji tiru," kata Sekda Muba Apriyadi Mahmud, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya sangat terbuka dengan kabupaten lain yang ingin melakukan kaji tiru kebijakan dalam rangka sinergi pelayanan masyarakat dan memajukan provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

"Penerapan sistem sewa kendaraan operasional di Muba dalam rangka efisiensi penggunaan anggaran dan tepat guna penggunaan kendaraan dinas," ujar Sekda Apriyadi.

Sementara Inspektur Pemkab Muara Enim Suherman ketika memimpin rombongan kaji tiru itu mengatakan pihaknya menilai sistem sewa kendaraan dinas yang diterapkan Pemkab Muba cukup baik dan akan ditiru.

Dengan melakukan kaji tiru diharapkan dapat menjadi pedoman Pemkab Muara Enim melakukan pengadaan sewa kendaraan operasional untuk perangkat daerah.

Pemkab Muba salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang berhasil melaksanakan penerapan sistem sewa kendaraan dinas.

Dengan kunjungan kaji tiru, diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dari Pemkab Muba sehingga pelaksanaan di Muara Enim bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

"Kami memantau di Sumsel ada beberapa kabupaten kota yang sudah melaksanakan atau menerapkan sistem sewa kendaraan operasional, dan kami memilih Muba untuk kaji tiru, mengingat dengan penerapan sistem ini penggunaan anggaran dapat lebih efektif dan efisien," ujar Suherman.*


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)