Ridwan Kamil Cenat-cenut Disuntik Vaksin COVID-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Instagram ridwankamil)

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjalani penyuntikan percobaan vaksin COVID-19. Efeknya, lengan kiri Ridwan Kamil terasa pegal dan cenat-cenut.

“Tubuh saya sekarang secara resmi mengandung virus covid-19 yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Selama 5 menit pegal, cenat-cenut dan mati rasa agak terasa di sepanjang tangan kiri,” kata Ridwan Kamil lewat akun Instagram @ridwankamil, Jumat, 28 Agustus.

Tapi setelah 5 menit penyuntikan, kondisinya kembali normal. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menjalani suntik uji coba vaksin COVID-19 di Puskesmas Garuda Bandung. 

“Hanya jadi rada mengantuk dan lapar yang tidak biasanya. Doakan semoga pasukan antibodi akan muncul setelah vaksinasi ini, sehingga jika virus aktif benerannya suatu hari hadir , maka tubuh ini bisa melawannya dengan maksimal,” imbuhnya.

Usai disuntik vaksin COVID-19, Kang Emil diharuskan melaporkan kondisi tubuhnya setiap hari melalui kertas rapor kepada tim peneliti

Semoga tidak ada efek samping atau hal-hal yang kurang baik. Mari doakan semoga proses ini dilancarkan, agar pandemi ini bisa berakhir dengan baik dan tuntas. Aamiin,” tulis Kang Emil.

Sebelum disuntik vaksin COVID-19, Kang Emil menjalani pemeriksaan fisik dan uji swab Polymerase Chain Reaction (PCR).


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)