Liverpool Hancurkan Sparta Praha, Selangkah Lagi ke Perempat Final Liga Europa

JAKARTA - Liverpool selangkah lagi ke perempat final Liga Europa. Pada duel pertama 16 besardi Stadion epet Arena, Jumat, 8 Maret 2024 dini hari WIB, Liverpool menghancurkan Sparta 5-1.

Kemenangan besar yang menutup kesempatan Sparta untuk membalikkan keadaan. Secara kualitas, mereka jauh masih di bawah Liverpool.

Bahkan di laga itu mereka tak mampu mencetak gol. Satu-satunya gol Sparta pun dihasilkan diri bunuh diri Conor Bradley.

Meski peluang Sparta masih terbuka untuk mengejar defisit gol di laga kedua, namun harapan itu sudah sangat tipis.

Bagaimana tidak, Sparta butuh kemenangan minimal 6-0 untuk menyingkirkan Liverpool. Dan laga itu digelar di landang Liverpool di Stadion Anfield, Jumat, 15 Maret 2024 dini hari WIB.

Jelas bukan perkara mudah dan Sparta butuh keajaiban untuk lolos. Sementara, Liverpool yang selangkah lagi ke perempat final hanya butuh hasil imbang.

Di laga itu, Liverpool terlalu perkasa bagi Sparta. Permainan ofensif The Reds tak memberi kesempatan tuan rumah mengembangkan permainan.

Hasilnya, laga baru berjalan enam menit, gawang Sparta sudah kebobolan lewat titik penalti.

Wasit memberi penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Asger Soerensen. Dirinya menjatuhkan Alexis Mac Allister di kotak terlarang.

Wasit sempat meninjau insiden itu lewat VAR sebelum menunjuk titik putih. Eksekusi dituntaskan sendiri oleh Mac Allister yang mengecoh kiper Peter Vindahl Jensen.

Unggul 1-0 lewat gol cepat menjadikan Liverpool kian agresif. Mereka tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan. Kali ini striker Darwin Nunez yang membobol gawang tuan rumah di menit 25.

Bahkan dirinya langsung mencetak brace. Pada injury time babak pertama, penyerang tim nasional Uruguay ini sudah mencetak gol keduanya yang mengubah skor menjadi 3-0.

Di babak kedua, Liverpool tetap bermain dengan tempo tinggi. Namun mereka malah kebobolan lebih dulu. Bradley membuat gol bunuh diri saat laga baru berjalan satu menit.

Namun pasukan Juergen Klopp sudah tidak terbendung. Liverpool tak butuh waktu lama untuk memantapkan keunggulan. Pemain depan Luis Diaz sukses menyambut assist Harvey Elliott untuk mengubah skor menjadi 4-1.

Gol itu yang langsung memupus harapan Sparta. Mereka pun sudah putus asa karena tidak mampu mengejar ketinggalan.

Apalagi, pemain andalan Mohamed Salah yang kembali bermain setelah pulih dari cedera hamstring sesungguhnya turut menyumbang gol di menit 84. Hanya saja gol dia dianulir wasit. Pasalnya, kapten timnas Mesir ini dalam poisi offside.

Namun Dominik Szoboszlai tidak membuat kesalahan di saat injury time. Gol dia menjadikan Liverpool unggul 5-1.

Mereka pun sudah 90% melangkah ke perempat final usai menutup laga dengan keunggulan tersebut. Sedangkan 10% lagi menunggu peneguhan di laga kedua di Anfield.